Suzuki Nex II 'Ditelanjangi' Tenaga Penjualnya Share this
Berita Motor
Mode baca

Suzuki Nex II 'Ditelanjangi' Tenaga Penjualnya

Ary Dwinoviansyah
pada 01 Maret 2019

JAKARTA - Salesman atau tenaga penjual sepedamotor Suzuki harus menjelaskan keunggulan Suzuki Nex II kepada manajemen PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 2W di ajang Suzuki Salesman Competition 2019. 

Bukan dalam arti sebenarnya, peran Suzuki Nex II di sini adalah sebagai obyek para peserta yang lolos ke tahap akhir kompetisi. Sebanyak 13 peserta yang berhasil lolos wajib melakoni tes role play. Di sini peserta diminta mempresentasikan produk Suzuki Nex II dengan metode LPSP (Lima Posisi Sudut Pandang) kepada calon pembeli. 

Poin- poin utama yang dinilai antara lain bagaimana para peserta bisa menjelaskan tentang product knowledge, product advantage dan transaction process. Khusus pada tes terakhir tersebut, setiap peserta menghadapi dan diuji langsung oleh Yohan Yahya, Department Head of Sales & Marketing 2W. 

Untuk masuk ke babak akhir, PT SIS terlebih dulu melakukan ujian tertulis kepada 83 orang Salesman Senior, Junior dan Salescounter. Mereka merupakan peserta yang  berhasil melalui babak penyisihan periode Juli-September 2018 dan Oktober-Desember 2018 di 30 jaringan penjualan sepedamotor Suzuki di Indonesia. Masing-masing dealer mengirimkan 3 Salesman Senior (pengalaman lebih dari 2 tahun), 3 Salesman Junior (kurang dari 2 tahun) dan 2 Salescounter dilihat berdasarkan data penjualan terbaik.

Setelah itu, PT SIS menetapkan 25 peserta masuk ke tes lanjutan yaitu interview mengenai keunggulan dan proses pembelian produk Suzuki. Sementara penilaian dilakukan langsung oleh Sales & Marketing 2W Section Head yang bertugas sebagai juri. Usai menjalani serangkaian tes, PT SIS akhirnya menetapkan para pemenang. Mereka juga berhak atas hadiah berupa Suzuki GSX-R150, GSX150 Bandit, Suzuki Nex II serta hadiah lainnya. 

"Berada di dalam ajang kompetisi ini membuat saya mengingat pengalaman Saya pribadi sekitar 20 tahun lalu, di mana saat itu saya masih menjadi seorang Salesman seperti rekan-rekan peserta Suzuki Salesman Competition ini. Berkat kegigihan, semangat dan konsistensi di bidang penjualan Suzuki inilah, jalan karir saya bisa menggapai posisi seperti saat ini," kata Seiji Itayama, President Director PT SIS.

Dia juga berpesan para tenaga penjual sepedamotor Suzuki harus tetap bersemangat dan menunjukkan prestasi kerja terbaik setiap saat agar bisa mewujudkan cita-cita yang diinginkan. Tak lupa pula Ia mengucapkan terima kasih atas kesetiaan para peserta yang setia membangun penjualan Suzuki lebih baik lagi. 

Untuk itu, Sutisna Senjaya, DND & Logistic 2W Section Head PT SIS sekaligus Ketua Pelaksana Suzuki Salesman Competition 2019 mencanangkan untuk terus mengadakan kompetisi khusus bagi tenaga penjualan sepeda motor Suzuki di tahun-tahun berikutnya, dengan tujuan terus memupuk semangat dan prestasi mereka dalam memberikan solusi produk sepeda motor bagi konsumen Tanah Air. [Ary/Idr]


Komentar