Suzuki Menyeramkan di Tes Pramusim MotoGP Qatar Share this
MotoGP
Mode baca

Suzuki Menyeramkan di Tes Pramusim MotoGP Qatar

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 25 Februari 2019

DOHA - Tim Suzuki melalui pembalapnya, Alex Rins langsung tampil impresif saat menjalani 2 hari tes pramusim MotoGP Qatar (24-25/2). 

Tim asal Hamamatsu, Jepang ini semakin layak disandingkan dengan pabrikan seperti Honda, Ducati dan Yamaha. Apalagi, jika melihat keseriusan mereka dalam mempersiapkan musim balap MotoGP 2019. Di tes pramusim Sepang (Malaysia), Alex Rins maupun Joan Mir banyak mencoba perangkat baru untuk Suzuki GSX-RR. 

Hasilnya pun semakin terlihat ketika keduanya melakoni tes di Sirkuit Losail. Pada hari pertama saja Rins sudah mampu bercokol di urutan kedua pencatat lap time tercepat. Waktunya kali itu masih kalah dari Maverick Vinales.

"Kecepatan saya bagus dan mencoba beberapa hal serta meyakinkan kami bahwa apa yang dilakukan di Malaysia bekerja dengan baik. Saya dan tim senang dengan peningkatan ini. Tapi, kami harus mencoba lebih banyak lagi di elektronik dan waktu per lap," kata Rins. 

Hal tersebut pun terbukti pada tes kedua dini hari tadi waktu setempat. Rins melesat dengan torehan waktu 1 menit 54,593 detik. Pencapaiannya itu sekaligus pula melampaui ekor sirkuit sebelumnya yang dicetak oleh Jorge Lorenzo (1 menit 54,927 detik). 

Seperti disebutkan, Suzuki melakukan banyak percobaan di tes ini. Termasuk pula mengenai pangaplikasian knalpot ganda pada GSX-RR ini. perangkat tersebut memang baru kali pertamanya digunakan oleh pembalap mereka. Rins mengaku dampak positif terasa saat Ia memacu kuda besinya di kecepatan tinggi. Tentu masih ada percobaan lain yang akan dilakukan Suzuki, termasuk pada tes terakhir hari ini. Apakah performa Suzuki terus meningkat atau justru berganti dengan tim lainnya? [Ary/Ari]


Komentar