Suzuki Katana Mulai Menampakkan Wujudnya Share this
Motor Baru
Mode baca

Suzuki Katana Mulai Menampakkan Wujudnya

Denny Basudewa
pada 28 September 2018

Foto: Suzuki Katana

HAMAMATSU – Suzuki akhirnya menampilkan wujud perdana Katana pada teaser mereka yang keempat.

Motor legendaris dari pabrikan berlambang S ini sejatinya akan tampil untuk pertama kalinya pada pameran otomotif Intermot 2018. Setelah beberapa kali dimunculkan melalui teaser-teaser sebelumnya, wujud Katana akhirnya tampak seluruhnya.

Berdasarkan video yang kami sematkan di atas, jelas bahwa Suzuki Katana yang akan diluncurkan oleh manufaktur asal Jepang, sama persis dengan versi konsepnya beberapa waktu lalu. Motor sport bergaya semi naked ini tampak lebih modern dengan lekuk tubuh yang tegas.

Hingga saat ini bekal mesin yang akan diusung Katana masih merupakan sebuah misteri. Beberapa menyebut kuda besi ini akan mengusung mesin yang sama dengan GSX-R1000. Namun kabar yang berkembang juga mengatakan bahwa Suzuki Katana akan menggendong jantung mekanis milik GSX-R750.

Menariknya adalah Suzuki Katana generasi terbaru akan tampil dengan mesin yang diperkuat dengan turbocharger. Sehingga bisa jadi motor ini akan memiliki tenaga yang berlimpah layaknya Kawasaki H2R.

Salah satu yang menjadi perbincangan dari para pengamat adalah konfigurasi mesin. Kendaraan dengan bentuk futuristik ini disebut-sebut akan menggunakan mesin berkonfigurasi V-Twin. Namun berdasarkan video di atas, Suzuki menggunakan mesin segaris pada Katana.

Fakta lainnya yang kami lihat pada video tersebut, urusan pengereman mengandalkan Brembo. Mereka juga menyematkan dua buah kaliper untuk bagian depan. Maka dipastikan tenaga yang mampu dihasilkan motor ini cukup luar biasa. [Dew/Ari]


Komentar