Suzuki Indonesia akan Ciptakan Mobil untuk Pasar Global Share this
Mobil Baru
Mode baca

Suzuki Indonesia akan Ciptakan Mobil untuk Pasar Global

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 20 Februari 2018

JAWA BARAT - Suzuki Indonesia bertekat terus mengembangkan fasilitas produksi pabrik mereka di Cikarang, Jawa Barat dan akan diandalkan untuk pembuatan mobil baru Suzuki yang mendunia. 

Investasi sebesar USD 1 Miliar untuk pembangunan pabrik PT Suzuki Indomobil Motor (SIM), akan terus ditingkatkan. Apalagi, Suzuki Indonesia punya target yang harus dipenuhi dalam dua tahun mendatang.

Hal ini diakui R Uchiki, General Manager Strategic Planning Departement PT SIM. Dia menyebut tanah seluas tak kurang 130 hektare itu akan dipakai untuk fasilitas lain.

"Dengan adanya pabrik ini, Suzuki Indonesia ingin menjadi pilar ketiga Suzuki. Pertama adalah Jepang dan kedua itu India. Untuk bisa menjadi pilar ketiga kami punya target," kata Uchiki san saat berbincang di pabrik PT SIM, Senin (19/2/2018).

Salah satu target utamanya adalah membuat mobil yang mendunia. Mereka berharap hal itu bisa direalisasikan hingga 2019 mendatang. Sementara itu, fasilitas yang ada sekarang ini di pabrik Suzuki Cikarang baru terpakai 10 persen dari luas lahan yang tersedia.

"Salah satu target Indonesia untuk menjadi pilar ketiga dengan meluncurkan produk baru global dari Indonesia. Ini adalah rencana 5 tahun dan harapannya paling lambat 2019," lanjut Uchiki.

Uchiki mengatakan untuk desainnya tentu harus mendapatkan persetujuan dari Suzuki pusat. Bahkan, ada bocoran bahwa mobil yang akan dilansir itu berjenis MPV. Meski begitu, Uchiki tidak mau mengumbar detail mobil baru Suzuki Indonesia itu lebih banyak lagi.

Saat ini Suzuki Indonesia sudah mengekspor beberapa line up-nya. Mulai dari keluarga Suzuki APV, Carry serta Karimun Wagon R dan Suzuki Ertiga. [Ary/Ari]


Komentar