Suzuki Ignis, Crossover Serbaguna, Tampil di GIIAS 2016 Share this
Mobil Baru
Mode baca

Suzuki Ignis, Crossover Serbaguna, Tampil di GIIAS 2016

Indra Prabowo
pada 15 Agustus 2016

Foto: Suzuki Ignis Water Activity

TANGERANG – Suzuki Ignis dan Suzuki Ignis Water Activity menjadi dua model yang dipamerkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016.

Kedua model ini tidak dijual saat ini namun dalam daftar rencana Suzuki untuk memasarkannya di Indonesia.

“Kita tunggu saja sampai waktunya tiba,” kata Donny Saputra, direktur pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), kepada Otospirit dan Mobil123.

Kemungkinan besar Suzuki Ignis akan diniagakan akhir tahun ini paling cepat.

Terlepas dari jadwal tersebut, marilah kita kupas lebih dulu. Suzuki Ignis merupakan genre baru compact-crossover serbaguna – untuk harian dan berlibur. Generasi baru Suzuki Ignis dibangun dari konsep Suzuki iM-4.

Di Jepang, Ignis terbaru dijual pada Februari 2016 dengan SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki) mild hybrid system (motor listrik menyuplai energi ke mesin selama akselerasi) dan mesin 1.2 DUALJET (K12C) DOHC 4-silinder VVT. Konsumsi BBM (Bahan bakar minyak) sangat irit 28,8 km/liter (tipe HYBRID 2WD).

Mesin bensin Ignis menetaskan tenaga puncak 91 hp dan torsi 118 Nm.

Dengan panjang 3,700mm dan lebar 1,660mm, dikombinasi dengan radius putar minimum 4.7m, Ignis mudah bermanuver atau berkelit di jalan-jalan kota.

Meski tubuhnya terbilang kecil, namun mobil ini memiliki ground clearance cukup tinggi 180 mm dan sistem 4WD.

Suzuki Ignis Suzuki Ignis di GIIAS 2016

Untuk varian 4WD menampilkan Hill Descent Control, berfungsi mengendalikan kecepatan ketika mobil menyusuri lereng curam dan engine brake tidak bisa mengurangi kecepatan. HDC akan secara otomatis mengontrol kecepatan hingga 7 kpj tanpa Anda harus menekan pedal rem.

Varian 4WD dilengkapi dengan GRIP CONTROL yang menyajikan akselerasi awal lembut ketia mobil berada di lintasan licin seperti salju atau lumpur dengan mengontrol torsi mesin dan rem agar beroperasi secara efektif.

Jika kita menengok sejarah, Ignis diluncurkan pada tahun 2000 dan selesai dijual pada tahun 2008. Platform mobil ini dipakai oleh Holden Cruze dan Subaru G3X Justy (untuk pasar Eropa).

Ignis pun pernah mengikuti Junior Worls Rally Championship (JWRC) 2004. [Idr]


Komentar