Suzuki GSR500 XR14 Bangkit Demi Anak Share this
Berita Motor
Mode baca

Suzuki GSR500 XR14 Bangkit Demi Anak

Denny Basudewa
pada 25 Juni 2017

Foto: Suzuki GSR500 XR14 Barry Sheene

SCARBOROUGH – Legenda balap motor Barry Sheene ‘membangkitkan’ tunggangan masa lalunya untuk ditunggangi sang buah hati.

Barry Sheene meraih juara dunia pada 1976 dengan menggunakan Suzuki GSR500 XR14 di kelas GP500. Kini motor legendaris tersebut akan bangkit kembali dengan bantuan Suzuki Vintage Parts Programme. Kuda besi bersejarah ini juga akan menemui majikan baru yang merupakan anak dari Sheene yaitu Freedie.

Proses restorasi sendiri melibatkan, Martyn Orgborne dan Nigel Everett yang merupakan mantan mekanik Team Suzuki di masa lalu.Freddie akan mengendarai kendaraan milik sang ayah pada acara Sheene Festival yang diselenggarakan di gunung Oliver, Inggris pada 22-23 Juli 2017.

Freddie tidak sendirian, Ia akan bergabung dengan Steve Parish yang akan menggunakan XR14 lansiran 1977. Kendaraan ini juga pernah membawa Sheene meraih juara dunia. Selain menampilkan motor-motor bersejarah, event tersebut di atas akan menampilkan seluruh koleksi baju balap sang pembalap.

Suzuki sendiri telah tiga kali berkecimpung dan menjadi sponsor utama, dalam acara serupa yang melibatkan motor-motor bersejarah. Mereka telah berhasil merestorasi Suzuki Katana, GSX-R750F edisi anniversary 30th, dan GSX-R1100 serta TL1000S.

Jenis acara sendiri adalah untuk membangkitkan pembalap muda Inggris untuk lebih berprestasi lagi di dunia balap motor dunia. Kegiatan ini hanya dilaksanakan di jalanan Inggris bukan sirkuit dan dilengkapi sajian musik pada Sabtu malam.

“Saya benar-benar menantikan acara Oliver Mount yang selalu istimewa karena masyarakat akan melihat motor-motor juara pada era 1970-an. Sebelumnya motor-motor itu terbengkalai selam 40 tahun lamanya. Proses mengembalikkan performa kendaraan tidak akan ada apa-apanya tanpa bantuan Suzuki GB dan kedua mekanik saya,” ujar Sheene.

Legenda hidup dunia balap Inggris ini mengatakan bahwa proses restorasi membutuhkan waktu hingga 600 jam lebih. Seluruh pihak terlibat dalam proses bangkit kembalinya kuda besi bersejarah tersebut.

Dalam acara yang akan diselenggarakan di kawasan pegunungan Oliver ini, pengunjung akan melihat total 21 balapan dan pertunjukan seni musik. Untuk keterangan lebih lanjut dapat Anda dapatkan di sini. [Dew/Ari]

Lebih lanjut di Otospirit
Suzuki GSR500 XR14 Bangkit Demi Anak


Komentar