Suzuki Ertiga Diesel Dirilis di 2017 dan Cuma Tersedia Transmisi Manual Share this
Berita Mobil
Mode baca

Suzuki Ertiga Diesel Dirilis di 2017 dan Cuma Tersedia Transmisi Manual

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 01 Desember 2016

Foto: Suzuki Ertiga Diesel akan Masuk Indonesia

JAKARTA - Waktu peluncuran Suzuki Ertiga diesel dilengkapi teknologi Smart Hybrid by Suzuki (SHVS) dengan fitur start/stop engine kian dekat. Salah satu sumber terpercaya mengatakan mobil keluarga itu akan masuk Indonesia di awal 2017.

"Jika tidak ada halangan, paling telat Februari 2017 (diluncurkan di Indonesia)," kata sumber SIS kepada Otospirit di Jakarta, Kamis (1/12/2016).

Kehadiran Suzuki Ertiga diesel di Indonesia menyusul suksesnya Ertiga versi bensin pada 2012. Sementara itu, Suzuki Ertiga diesel SHVS menandakan era baru mobil hybrid Suzuki di Indonesia.

Artinya, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menjadi produsen otomotif pertama yang bermain di segmen MPV diesel hybrid dalam negeri. Selama ini, segmen low MPV mesin diesel cuma ada Chevrolet Spin dan itu pun tanpa teknologi hybrid. Ini sebagai bukti bahwa SIS terus memberi warna pasar otomotif Indonesia.

Teknologi mesin diesel SHVS pertama kali mulai dikenalkan di India pada MPV Ertiga. Mobil berdaya tampung tujuh-penumpang itu diperkuat mesin diesel DOHC Dualjet D13A 1.3-liter. Klaim Suzuki, mobil mampu memberikan efisiensi bahan bakar 24,52 km/liter.

Sang sumber melanjutkan bahwa Suzuki Ertiga diesel yang masuk ke Tanah Air nanti hanya tersedia versi transmisi manual 5-speed. Fitur standar pada mobil seperti reversing camera ditambah sensor parkir, dual airbag, ABS dengan EBD dan sabuk pengaman dilengkapi pretensioner.

Tidak ada perbedaan desain eksterior antara Suzuki Ertiga diesel dan versi mesin bensin. Perbedaan hanya pada lencana SHVS yang menempel di bagian buritan Ertiga diesel. Emblem ini membuat pemiliknya kian percaya diri. [Ikh]


Komentar