Suzuki dan Toyota Bakal Punya Mobil Hybrid Bersama Share this
Berita Mobil
Mode baca

Suzuki dan Toyota Bakal Punya Mobil Hybrid Bersama

Ary Dwinoviansyah
pada 21 Maret 2019

HAMAMATSU — Suzuki Motor Corporation dan Toyota Motor Corporation akan punya mobil hybrid bersama yang akan disebar ke seluruh dunia. 

Kedua pabrikan ini merilis detail kolaborasi keduanya, menindaklanjuti kesepakatan tentang kemitraan keduanya pada 6 Februari 2017 silam. Dalam keterangan rilisnya, mereka akan berbagi 'ilmu' di mana Suzuki kuat dalam hal mobil compact dan Toyota dalam hal elektrifikasi. 

Toyota sendiri disebutkan bakal menyuplai Toyota Hybrid System kepada Suzuki secara global. Selain itu, Toyota juga akan Toyota juga akan memasok teknologi dari HEV (hybrid electric vehicle) di India dengan cara melakukan pengadaan lokal terkait sistem, mesin dan baterai HEV. 

Sementara untuk kawasan Eropa, Toyota akan bertugas sebagai pemasok resmi spare parts (OEM) ke Suzuki Eropa yang berencana memproduksi dua mobil listrik. Disebutkan pula mobil listrik anyar dari Suzuki itu berbasis Toyota RAV4 dan Corolla Wagon. 

Sebaliknya, Toyota akan mengadopsi mesin baru hasil pengembangan Suzuki untuk kendaraan kompak. Mesin itu nantinya akan diproduksi di Toyota Motor Manufacturing di Polandia. Di India, Suzuki akan menjadi OEM untuk penggarapan mobil baru Toyota yang berbasis Suzuki Ciaz dan Ertiga. 

Tak hanya Eropa dan India, Suzuki juga akan menjadi pemasok untuk penggarapan produksi Toyota di Afrika dengan menggunakan basis Suzuki Baleno, Vitara Brezza, Ciaz dan Ertiga. Kerjasama Suzuki-Toyota ini diklaim bakal meningkatkan kekuatan keduanya. Contohnya, di India, produksi segmen MPV Toyota akan dibantu oleh pasokan OEM Suzuki. 

Dengan begitu, kerjasama ini pun diklaim bakal meningkatkan kekuatan keduanya di industri otomotif dunia. Apalagi, diungkapkan pula bahwa ini hanya sekedar langkah awal karena nantinya akan ada kolaborasi untuk menciptakan mobilitas masa depan yang berkelanjutan. 

"Ketika datang ke elektrifikasi kendaraan diharapkan adanya terobosan lanjutan. Teknoplogi hybrid dipandang memainkan peran besar di pasar. Melalui perjanjian baru ini, kami menantikan penggunaan teknologi hybrid yang lebih luas. Tidak hanya di India dan Eropa, tapi di seluruh dunia," kata Akio Toyoda, Presiden Toyota. 

Ia menyebut perluasan bisnis bersama Suzuki ini akan  memberikan keuntungan untuk berkompetisi. Demikian pula dengan pihak Suzuki yang beranggapan ini merupakan cara untuk meraih kesuksesan secara global. 

"Sejak kemitraan kami saat itu, saya telah melihat kemajuan. kami menghargai tawaran baik Toyota agar kami dapat menggunakan teknologi hybrid mereka dan akan melanjutkannya dengan upaya terbaik kami," tutup Osamu Suzuki, Chairman Suzuki. [Ary/Idr] 


Komentar