Suzuki Ciptakan Lingkungan Sehat Bersama Pelajar Share this
Berita Mobil
Mode baca

Suzuki Ciptakan Lingkungan Sehat Bersama Pelajar

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 12 Januari 2017

Foto: Suzuki tularkan gaya hidup sehat kepada pelajar

BEKASI – Dalam rangka memperingati ‘Hari Lingkungan Hidup Indonesia’ pada 10 Januari 2017, PT Suzuki Indomobil Motor (PT SIM) mengadakan kegiatan bersama para pelajar dengan tema 'Lingkungan Sehat'.

Acara tersebut dilakukan di Pabrik Suzuki Cikarang dan memiliki tujuan untuk mengenalkan proses pengolahan limbah serta pengenalan tentang berbagai jenis sampah.

Kegiatan yang melibatkan 100 pelajar SD Al-Azhar Syifa Budi Jatibening ini dimulai dengan aktivitas penyampaian materi interaktif tentang bahaya limbah dan sampah, pengolahan sampah dan green concept Suzuki untuk setiap aktivitas pabriknya.

“Kami merasa bahwa Hari Lingkungan Hidup ini merupakan momen yang tepat untuk mengajak anak-anak lebih peduli terhadap lingkungan, mulai dari memperkenalkan hal-hal kecil di sekitar mereka yang memiliki efek positif maupun negatif bagi lingkungan. Anak-anak sebagai generasi penerus bangsa memegang peran penting untuk menjaga lingkungan," kata Fajar Dewanto, Head Of HRDGA Cikarang Plant PT Suzuki Indomobil Motor.

"Melalui contoh nyata aktivitas yang Suzuki lakukan untuk menjaga lingkungan sekitar, kami ingin agar anak-anak juga memahami pentingnya memelihara lingkungan sedari dini,” lanjutnya.

Simulasi pemilahan sampah berdasarkan jenisnya pun dilakukan guna memberikan edukasi kepada pelajar untuk lebih memahami pengolahan sampah. Dengan melakukan proses pengolahan sampah tersebut, sampah tidak akan merusak lingkungan melainkan bermanfaat bagi kehidupan.

Para pelajar juga mendapatkan kesempatan untuk dapat berkeliling pabrik dan melihat proses produksi secara langsung dari mulai tahap pencetakan (stamping), pengelasan (welding), pengecatan (painting), perakitan (assembling) hingga proses pengolahan limbah produksi. Salah satu alat pengolahan limbah di Suzuki yang dapat dilihat langsung oleh pelajar yakni Waste Water Treatment.

Alat tersebut berfungsi untuk mengolah limbah cair hasil produksi, sehingga air yang keluar dari pabrik Suzuki bebas dari bahan-bahan kimia berbahaya dan bisa kembali digunakan untuk lingkungan sekitar. Suzuki juga mengajarkan anak-anak untuk melakukan penghijauan dengan cara menanam pohon bersama.

Sebanyak 50 pohon mahoni ditanam di lingkungan pabrik sebagai penyejuk dan pembersih udara di sekitar pabrik. Tak lupa di setiap pohon yang ditanam akan disertakan harapan-harapan mereka bagi lingkungan dan Suzuki.

“Siswa -siswi kami terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan Kunjungan Industri di Suzuki. Tujuan awal kami ke pabrik Suzuki adalah untuk belajar mengenai proses produksi mobil. Tetapi kami juga disuguhkan dengan kegiatan yang bisa menjadikan siswa-siswi kami peduli akan lingkungan hidup. Untuk itu kami sangat berterima kasih kepada Suzuki,” tutur Mochtar, Kepala Sekolah dari SD Al-Azhar Syifa Budi Jatibening.

PT Suzuki Indomobil Motor

Kegiatan ‘Kunjungan Industri’ ini merupakan salah satu kegiatan Corporate Social Responsibility Suzuki yaitu Suzuki Peduli Pendidikan. Suzuki secara rutin membuka pabriknya untuk dikunjungi oleh pelajar mulai dari SD hingga perguruan tinggi sehingga mereka bisa belajar mengenai proses produksi mobil dan tentunya juga mendapatkan pengalaman-pengalaman baru yang menarik.


Komentar