Suzuki Baleno RS untuk Anda Pecinta Kebut-kebutan Share this
Mobil Baru
Mode baca

Suzuki Baleno RS untuk Anda Pecinta Kebut-kebutan

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 06 Maret 2017

Foto: Suzuki Baleno RS

NEW DELHI - Maruti Suzuki meluncurkan versi paling bertenaga Baleno yang dijuluki Baleno RS di India. Suzuki Baleno RS adalah mobil kedua Maruti Suzuki yang dipasarkan di awal 2017, setelah sebelumnya mereka meluncurkan Ignis pada Januari.

Baleno RS kali pertama dipamerkan di pameran otomotif Delhi Auto Expo 2016. Saat itu mobil ini sudah dicari banyak penggemar Suzuki di India. Maruti Suzuki melengkapinya dengan mesin 1.0 liter Boosterjet Direct Injection Turbocharge.

Klaim Suzuki, mesin ini menghasilkan power 20 persen dan torsi 30 persen lebih besar (150 Nm pada 1.700-4.500 rpm) daripada mesin bensin 1.2-liter naturally aspirated. Dengan menggunakan mesin tersebut, Suzuki percaya diri bahwa Baleno RS masuk dalam dalam kategori 'hot hatchback'.

Jadi wajar jika Suzuki Baleno RS untuk para penggemar mobil yang memiliki kinerja lebih baik dan nyaman untuk digunakan sehari-hari.

"Suzuki Baleno RS menandai Suzuki masih di segmen hatchback berperforma. Mesin 1.0-liter memberikan tenaga lebih besar di kelasnya. Pada saat yang sama, torsi lebih tinggi sebesar 30 persen dari mesin bensin 1.2-liter," kata Kenichi Ayukawa, Managing Director and CEO Maruti Suzuki.

Suzuki Baleno RS diluncurkan Suzuki Baleno RS

Eksteriornya menggunakan bahasa desain baru pada grille, bumper dan underbody spoiler yang dikencani alloy warna hitam. Untuk menyuguhkan kesan sporty, Maruti Suzuki membubuhi logo RS di buritan yang sekaligus pembeda dengan Suzuki Baleno standar.

Di India, Suzuki Baleno RS cuma tersedia satu varian, warna cerah Fire Red. Warna tersebut diharapkan mendampingi karakter sporty pada mesinnya. Guna meningkatkan keselamatan pejalan kaki, Maruti Suzuki menjejali berbagai fitur keselamatan mulai pedestrian safety, side and frontal offset impact.

Untuk keselamantan penghuni kabin, Suzuki Baleno RS juga menyediakan dual airbag, seatbelts with pre-tensioners. Fitur standar lain adalah Disc brake di keempat roda bekerja sempurna dengan ABS dan EBD. [Ikh]


Komentar