Susunan Sementara Pembalap MotoGP 2019 Share this
MotoGP
Mode baca

Susunan Sementara Pembalap MotoGP 2019

Denny Basudewa
pada 08 Juni 2018

Foto: MotoGP 2018

JAKARTA – Gelaran MotoGP 2019 akan semakin seru karena adanya beberapa pembalap baru dan berganti tim.

Pada saat MotoGP 2018 bergulir, beberapa pembalap pabrikan memperbaharui kontraknya. Salah satu diantaranya adalah Marc Marquez yang memutuskan bertahan di Repsol Honda. Sang juara dunia MotoGP 2017 berusaha untuk mempertahankan gelar bersama Honda.

Kabar selanjutnya datang dari kubu Yamaha. Setelah lama bergulir, Valentino Rossi akhirnya memutuskan untuk bertahan dan akan membalap hingga umur 41 tahun. Keputusan Rossi datang setelah Maverick Vinales melanjutkan karirnya bersama pabrikan berlambang Garpu Tala.

Pembalap pabrikan lain yang memutuskan untuk bertahan adalah Andrea Dovizioso. Pria kelahiran Italia ini memutuskan untuk tetap setia bersama Ducati Corse.

Dari tim satelit yang membuat keputusan untuk pindah adalah Johann Zarco. Pembalap asal Perancis ini memutuskan untuk berkiprah di KTM pabrikan. Ia akan bergabung dengan Pol Espargaro di pabrikan motor asal Austria tersebut.

Kabar paling mengejutkan baru-baru ini adalah hengkangnya Jorge Lorenzo dari Ducati. Pria berjuluk X-Fuera ini memutuskan untuk hijrah ke Repsol Honda menemani Marquez. Kabar ini mengudara setelah Dani Pedrosa mengumumkan hengkang dari HRC.

Susunan pembalap musim depan juga berbeda di tim Suzuki Ecstar. Hal ini berkembang setelah Andrea Iannone mengatakan tidak lagi bersama Suzuki musim depan. Suzuki langsung menunjuk Joan Mir sebagai penggantinya.

Dari tim Pramac Ducati, Jack Miller akan berpasangan dengan Francesco Bagnaia yang naik kelas dari Moto2. Sementara kursi kosong yang ditinggalkan Lorenzo kini ditempati oleh Danilo Petrucci.

Tim Tech3 yang selama belasan tahun menggunakan mesin Yamaha, beralih ke KTM pada musim 2019. Sementara Hafizh Syahrin dan Miguel Oliviera dipercaya menjadi joki andalannya. Sejauh ini kursi kosong hanya tersisa di tim satelit saja, sementara tim pabrikan sudah terisi semua. [Dew/Ari]

Susunan sementara pembalap MotoGP 2019

Repsol-Honda: Marc Márquez, Jorge Lorenzo

Movistar Yamaha: Valentino Rossi, Maverick Viñales

Ducati Corse: Andrea Dovizioso, Danilo Petrucci

Red Bull KTM: Johann Zarco, Pol Espargaró

Aprilia Gresini Team: Aleix Espagaró, Andrea Iannone?

Suzuki Ecstar: Alex Rins, Joan Mir

Pramac Ducati: Jack Miller, Francesco Bagnaia

LCR Honda: Cal Crutchlow, Takaaki Nakagami

Reale Avintia Ducati: Tito Rabat, Xavier Siméon

Ángel Nieto Ducati: Álvaro Bautista? Karel Abraham?

Tech3 KTM: Miguel Oliveira, Hafizh Syahrin

SIC Petronas Yamaha: Andrea Iannone? Franco Morbidelli?


Komentar