Susunan Sementara Pembalap MotoGP 2018 Share this
MotoGP
Mode baca

Susunan Sementara Pembalap MotoGP 2018

Denny Basudewa
pada 21 Agustus 2017

Foto: Pembalap MotoGP 2018 Sementara

SILVERSTONE – Susunan sementara pembalap MotoGP musim 2018 bocor menjelang balapan di Silverstone, Inggris.

Balapan MotoGP 2017 telah memasuki paruh kedua. Kontrak beberapa pembalap akan habis di akhir musim. Mereka harus bergegas mencari pelabuhan baru jika masih ingin bertarung di kelas para raja tersebut.

Kontrak yang akan habis akhir musim ini memang tidak dialami oleh pembalap pabrikan seperti Repsol Honda, Movistar Yamaha, Ducati, Suzuki, KTM, Aprilia. Para pembalap dari masing-masing manufaktur tersebut kontraknya akan berkhir di akhir musim 2018.

Meskipun tidak tertutup kemungkinan salah satu dari mereka tergiur oleh iming-iming tawaran dari tim lain. Selebihnya beberapa pembalap pabrikan bisa lebih fokus mengembangkan tunggangan ketimbang sibuk mencari tim.

Menjadi menarik adalah bursa transfer di tim satelit. Kecuali Tech3 Yamaha yang mengunci kedua pembalapnya hingga akhir 2018, tim lain mulai mencari joki baru dari berbagai kejuaraan seperti Moto2 atau Superbike.

Musim depan Cal Crutchlow secara resmi akan mendapat rekan baru yakni Takaaki Nakagami. Dirinya saat ini masih bertarung di kelas Moto2 dengan catatan satu kemenangan, 13 podium dan 14 pole position. Pembalap asal Jepang ini mendapat kontrak langsung dari Honda Racing Corporation (HRC) hingga akhir 2018.

Marc VDS Honda dikabarkan melepas kedua pembalapnya yakni Jack Miller dan Tito Rabat. Kedua pembalap tersebut gagal bersaing bersama Honda RC213V. Miller memutuskan hengkang ke Pramac dan Rabat tengah mengincar satu kursi di Avintia Ducati.

Sementara untuk musim depan, tim satelit Honda ini baru memutuskan satu pembalap yang tengah bersinar di Moto2 yakni Frnaco Morbidelli. Satu kursi kosong di Marc VDS tengah diperebutkan beberapa pembalap seperti Sam Lowes, Stefan Bradl, Mika Kallio dan Thomas Luthi.

Pramac Ducati muim depan akan dihuni oleh Danilo Petrucci dan Jack Miller. Kepindahan Miller dari Honda ke Ducati dianggap sebagai langkah yang tepat. Mesin Desmosedici Ducati diyakini cocok dengan karakter Miller.

Avintia Ducati hingga saat ini belum menentukan joki untuk musim depan. Namun Rabat dan Xavier Simeon digosipkan akan merapat ke tim satelit Ducati tersebut. Sementara pembalapnya saat ini yaitu Hector Barbera dan Loriz Baz masih belum jelas nasibnya.

Tim Aspar Ducati merupakan tim satelit ketiga dari manufaktur asal Italia tersebut. Mereka saat ini memiliki Alvaro Bautista yang memiliki kontrak hingga akhir 2018. Sementara Karel Abraham masih berharap bisa melanjutkan karirnya bersama Aspar.

Berikut susunan pembalap sementara MotoGP 2018:

Repsol Honda : Marc Marquez – Dani Pedrosa

Movistar Yamaha : Valentino Rossi – Maverick Vinales

Ducati Corse : Andrea Dovizioso – Jorge Lorenzo

Suzuki Ecstar : Andrea Iannone – Alex Rins

KTM : Bradley Smith – Pol Espargaro

Aprilia Gresini : Aleix Espargaro – Scott Redding

Monster Yamaha Tech3 : Jonas Folger – Johann Zarco

LCR Honda : Cal Crutchlow – Takaaki Nakagami

Marc VDS Honda : Franco Morbidelli - ?

Pramac Ducati : Danilo Petrucci – Jack Miller

Avintia Ducati : Hector Barbera – Loris Baz

Aspar Ducati : Alvaro Bautista – Karel Abraham [Dew/Ikh]


Komentar