Sudah 130 Tahun Mobil Membantu Manusia Share this
Berita Mobil
Mode baca

Sudah 130 Tahun Mobil Membantu Manusia

Syubhan Akib
oleh Syubhan Akib
pada 02 Februari 2016

JAKARTA – 130 tahun lalu, Carl Benz mematenkan mobil yang dia ciptakan. Carl Benz diketahui memegang paten di Kantor Paten Jerman yang terdaftar pada 29 Januari 1886. Dokumen paten milik insinyur kelahiran Mannheim itu pun menjadi dokumen penting sejarah.

Saking pentingnya, dokumen tersebut pun masuk dalam Memory of the World Program yang digagas oleh UNESCO bersama dokumen sejarah penting lain seperti Magna Carta, Alkitab Gutenberg dan Johann Sebastian Bach, Mass in B Minor.

Mobil roda-tiga buatan Benz pertama kali muncul ke depan public pada 3 Juli 1886 di Manheim. Kemunculannya ini berhasil membuat orang-orang terpukau. Dua tahun kemudian, Benz Model III melakukan perjalanan jarak jauh pertama.

Uniknya, bukan Carl Benz yang mengendarai mobil itu, tapi istrinya Bertha Benz bersama dua anak mereka. Bertha mengendarai mobil pertama dari Mannheim ke Pforzheim untuk menunjukkan kehandalan mobil berjalan jarak jauh.

Di sisi lain, ada Gottlieb Daimler yang secara independen membangun mobil pertama dengan mesin pembakaran internal, juga pada tahun 1886. Keduanya lalu bersatu dan menciptakan merek Mercedes-Benz yang hidup sampai hari ini.

Paten mobil Benz pertama didukung oleh mesin 4-tak dengan silinder tunggal. Kapasitas mesinnya 954 cc dengan kekuatan hanya 0,75 tenaga kuda. Kecepatan mobil itu mencapai 16km/jam. [Syu/Idr]

Source : Mobil Sudah Hadir Sejak 130 Tahun Lalu


Komentar