Subtitusi Shockbreaker Ohlins Yamaha Nmax untuk Honda PCX Share this
Modifikasi
Mode baca

Subtitusi Shockbreaker Ohlins Yamaha Nmax untuk Honda PCX

Denny Basudewa
pada 22 Februari 2019

JAKARTA – Shockbreaker Ohlins Yamaha Nmax ternyata bisa diaplikasikan pada Honda PCX, namun tetap butuh penyesuaian.

Ohlins merupakan suspensi yang memiliki nama besar di kalangan pehobi otomotif terutama di Indonesia. Menggunakan alat peredam kejut asal Swedia tersebut, tidak hanya membuat handling kendaraan semakin mumpuni namun meningkatkan gengsi dari penggunanya.

Honda PCX versi lokal sejak pertama kali diperkenalkan cukup mendapat respon positif dari masyarakat. Skutik bertubuh gambot tersebut juga diminati oleh konsumen yang gemar memodifikasi tunggangannya.

Namun Ohlins kala itu belum memiliiki produk yang memang diperuntukkan skutik gambot berlambang Sayap Mengepak tersebut. Walhasil para maniak modifikasi mengakali hal ini dengan melakukan subtitusi.

Salah satu pilihannya adalah dengan menggunakan suspensi Ohlins untuk Yamaha Nmax. Namun opsi satu tersebut bukanlah tanpa upaya lebih dalam pengaplikasiannya. Hal ini dikarenakan suspensi Nmax lebih rendah (33,29 cm) daripada PCX (33,5 cm).

“Biasanya mereka pakai peninggi suspensi di bagian atasnya hingga bisa plug n play. Suspensi Nmax sama PCX posisi tabungnya dan tingkat kelembutan pernya juga berbeda, meskipun bisa disetting lagi sih (kelembutannya),” ucap Eddy Saputra, Direktur PT Sena Autoparts Indonesia selaku distributor Ohlins di Indonesia kepada Otospirit.com (21/02/2019).

Ohlins Indonesia saat ini telah memasarkan suspensi belakang untuk Honda PCX dengan harga Rp 8 juta. Shockbreaker ini dapat dipasangkan langsung tanpa proses yang menyulitkan. Namun menariknya suspensi Ohlins untuk Yamaha Nmax dipasarkan dengan harga sedikit lebih murah.

Shockbreaker Ohlins Yamaha Nmax dibanderol Rp 7.750 juta. Artinya terdapat selisih harga meskipun hanya sedikit. Meskipun hanya selisih harga Rp 250 riibu, namun perbedaan tampilan menjadi daya tarik tersendiri.

Setidaknya dengan subtitusi suspensi Ohlins Yamaha Nmax untuk Honda PCX, tampilan kendaraan berbeda daripada umumnya yang menggunakan peredam kejut asal Swedia tersebut. Selain itu tentunya suspensi dengan ciri khas warna emas juga meningkatkan rasa percaya diri bagi penggunanya. Dalam dunia modifikasi, tampil beda daripada lainnya merupakan suatu kebanggan tersendiri. [Dew/Idr]


Komentar