Spesifikasi Ducati Superleggera V4 Bocor Share this
Berita Motor
Mode baca

Spesifikasi Ducati Superleggera V4 Bocor

Denny Basudewa
pada 20 Januari 2020

Foto: Ducati Superleggera V4

BOLOGNA – Ducati Superleggera V4 yang rencananya akan dipasarkan pada April 2020, spesifikasinya bocor di sosial media.

Ducati Superleggera adalah motor jenis Superbike yang dikembangkan khusus dan memiliki performa mengagumkan. Dengan menggunakan basis dari Panigale, varian spesial ini pertama kali diperkenalkan pada 2016.

Seiring dengan semakin populernya mesin Desmosedici mereka yang menggunakan konfigurasi V4, pabrikan motor asal Italia tersebut merancang varian Superleggera baru. Berbekal dari kuda besi yang telah mengantungi homologasi World Superbike (WSBK), kendaraan ini sejatinya menjadi motor vesi jalanan paling kencang.

Superleggera sendiri merupakan bahasa Italia yang memiliki makna superlight atau super ringan. Artinya Ducati ingin menggali kecepatan motor lebih dahsyat lagi melalui pengurangan bobot. Material karbon fiber disematkan pada kendaraan di beberapa sektor seperti rangka, fairing, swingarm hingga rumah rodanya.

Tidak hanya fokus pada pengurangan bobot, manufaktur sepedamotor yang identik dengan warna merah tersebut juga menggali kemampuan mesin. Jantung mekanis Desmosedici GP19 atau Desmosedici Stradale R, aslinya bisa menghasilkan daya 224 hp pada 15.250 rpm. Sementara torsi puncaknya mencapai 115 Nm pada 11.750 rpm.
Belum puas sampai di sana, sumber daya kendaraan ini juga ditopang dengan camshafts, screws dan dry clutch berbahan titanium. Komponen ini mengurangi bobot secara keseluruhan sebesar 2.8 kilogram. Saking spesialnya, setiap camshaft motor ini, timingnya dikerjakan oleh manusia dan terdapat tanda dari si pembuatnya.

Gas buang mesin Ducati Superleggera V4 disalurkan melalui satu set knalpot Akrapovic. Dipadukan dengan racing kit yang mendukung, tenaga mesin melonjak lagi menjadi 234 hp pada 15.500 rpm. Adapun torsi puncaknya mencapai 117 Nm pada 11.750 rpm.

Semburan daya dari mesin kemudian digelontorkan ke ban, melalui rantai Regina ORAW2. Bobot rantai merek Italia ini lebih ringan 1.4 kilogram daripada produk pada umumnya.

Guna menjamin handling yang baik, motor ini menggunakan suspensi Ohlins NPX25/30. Lagi-lagi komponen berbahan titanium melekat pada kendaraan ini. Seperti yang mereka lakukan pada per suspensi Ohlins.

Dalam segi keamanan, paket Brembo dengan spesifikasi tertinggi yang pistonnya dilengkapi dengan radiator dan coating. Motor yang pada awalnya dinamakan Project 1708 dibuat terbatas jumlahnya sehingga, mereka menempatkan nomor seri pada beberapa bagian motor.

Ducati Superleggera V4 dipasarkan dengan harga Rp 1.366 miliar di negara asalnya. Ducati berencana untuk memproduksi motor ini sebanyak 5 unit setiap harinya. Konsumen yang telah memesan, baru bisa mengendarainya pada Mei 2020. [Dew/Idr]


Komentar