Spesifikasi Datsun Cross Cukup Menggoda Share this
Mobil Baru
Mode baca

Spesifikasi Datsun Cross Cukup Menggoda

Denny Basudewa
pada 19 Januari 2018

Foto: Datsun Cross World Premier di Indonesia

JAKARTA – Datsun Cross hadir di Indonesia sebagai gebrakan baru di segmen compact crossover. Beragam fitur membuatnya tidak lagi menyandang status LCGC.

Sebagai crossover, Datsun memberikan sedikit sentuhan pada bagian ekterior guna memberikan kesan tangguh dan juga sedikit mewah. Perubahan paling kentara pada Datsun Cross terlihat di sektor muka kendaraan. Lampu utama yang menggunakan projector ditambah LED signature, membuatnya terlihat lebih manis ketimbang generasi sebelumnya.

Datsun Cross juga juga terlihat istimewa berkat penggunaan under protector, meskipun terbuat dari bahan plastik. Jarak terendah dengan tanah pada mobil ini juga bertambah menjadi 200 mm, berkat penyematan roda berukuran 15” sehingga layak disebut crossover.

Spesifikasi Datsun Cross Lampu depan Datsun Cross

Satu yang mengganggu pandangan mata kami adalah fog lamp yang terletak persis di bawah lampu utama. Alih-alih mau melakukan inovasi, kemampuan lampu Datsun Cross untuk memecah kabut hingga debu khawatir tidak berfungsi normal.

Salah satu yang membuat Datsun Cross terlihat lebih maskulin adalah adanya roof rail. Konsumen lebih nyaman ketika harus membawa barang lebih banyak. Hal ini dikarenakan bagasi di dalam kabin bisa dibilang tidak tersedia, jika konsumen menegakkan kursi pada baris ketiga. Perangakt ini dapat menopang barang hingga 30 kilogram.

Datsun Cross sebenarnya tampak seperti produk sebelumnya yakni Go Plus Panca. Namun bedanya kali ini adalah over fender yang membuatnya terlihat lebih sporti. Adapun roof spoiler yang dilengkapi lampu rem dan wiper untuk kaca belakang, menjadi pelengkap evolusi Datsun di Indonesia.

Spesifikasi Datsun Cross Bodi Datsun Cross

Masuk ke dalam kabin, Datsun Cross melakukan sentuhan magisnya melalui head unit dengan fungsi layar sentuh berukuran 6,75” pada bagian tengah dashboard. Fiturnya dilengkapi dengan bluetooth, USB, AUX dan smarphone connection. Head unit tersebut dikelilingi lis silver sehingga memberikan kesan mewah.

Interior Datsun Cross secara keseluruhan tampak lebih sporti dengan penggunaan warna hitam pada jok dan door trim. Memiliki konfigurasi jok tiga baris, namun mobil ini hanya mampu menampung lima penumpang dewasa. Sementara pada barus ketiga hanya disarankan untuk dihuni dua orang anak-anak saja.

Tuas persneling Datsun Cross masih mengikuti pendahulunya yakni menjadi satu dengan dashboard. Bedanya saat ini mereka menawarkan sistem transmisi otomatis tanpa gear yaitu CVT (Continuously Variable Transmission). Paling penting adalah tuas rem parkir yang lebih modern dan bertempat di sela kursi.

Spesifikasi Datsun Cross Mesin Datsun Cross

Beralih ke sektor jantung pacu, Datsun Cross masih mempertahankan mesin berkapasitas 1.2-liter seperti yang digunakan pada Datsun GO. Bedanya hanya untuk transmisi otomatis, Datsun melakukan sejumlah pengembangan.

Datsun Cross versi CVT dikatakan mampu menelurkan tenaga lebih besar 10 hp yakni 78 hp. Sayangnya tidak ada statement resmi yang menjelaskan perbedaan tenaga mesin ini, apakah karena transmisi CVT minim friksi sehingga tidak terlalu banyak mereduksi tenaga mesin ke roda?.

Sementara pada transmisi manual tidak ada perubahan sehingga daya maksimalnya tetap 68 hp. Lagi-lagi sayangnya Datsun Indonesia tidak mengeluarkan klaim resmi seputar konsumsi bahan bakar Datsun Cross.

Yang patut disimak adalah Datsun Cross dibekal fitur lebih advance dibandingkan duet Datsun GO. Seperti teknologi vehicle dynamic control (VDC) yang mencakup fitur anti-lock brake system (ABS), electronic brake distribution (EBD), brake assist (BA), traction control (TCS), dan brake-limited slip differential (B-LSD). Perangkat keselamatan lainnya, air bags ganda, lampu peringatan sabuk pengaman, dan lampu headlight otomatis.

Karena sudah tidak lagi mengantungi predikat LCGC, Datsun Cross dikatakan akan dibanderol seharga Rp 163 juta untuk tipe manual, sementara untuk tipe CVT rencananya Rp 175 juta. Harga Datsun Cross bisa bertambah atau berkurang pada saat resmi diproduksi dan dipasarkan pada Maret 2018. [Dew/Ari]


Komentar