Soal Penjualan SUV, Honda Kalahkan Toyota Share this
Berita Mobil
Mode baca

Soal Penjualan SUV, Honda Kalahkan Toyota

Syubhan Akib
oleh Syubhan Akib
pada 20 Januari 2016

JAKARTA - Bila dilihat dari jumlah penjualan secara keseluruhan, Honda memang bukanlah yang pertama, tapi bila berbicara tentang penjualan Sport Utility Vehicle (SUV) di Indonesia, Honda menguasai segmen SUV di Indonesia.

Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor (HPM) Tomoki Uchida dari total penjualan mobil di Indonesia yang berada di angka 1,03 juta unit, 12,5 persen diantaranya adalah kelas SUV.

Dari angka itu, Honda sukses merebut pangsa pasar 36 persen (46.888 unit), selebihnya, 82.615 unit dibagi-bagi oleh merek-merek lain. Dengan angka itu, Honda menguasai pasar SUV di Indonesia.

Keyakinan Honda untuk menjadi pemimpin pasar SUV makin kuat berkat hadirnya Honda BR-V. Model terbaru ini saja targetnya mencapai 39.000 unit di 2016 ini.

"Honda Motor telah menetapkan tahun 2016 sebagai tahun pertumbuhan. Sebagai perusahaan yang telah melayani lebih dari 30 juta konsumen di seluruh dunia setiap tahunnya, Honda terus ingin mengemmbangkan bisnisnya dengan menghadirkan lebih banyak produk yang membawa kesenangan kepada semua orang di seluruh dunia, termasuk di Indonesia," papar Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor (HPM) Tomoki Uchida.

Di segmen SUV sendiri Honda memiliki tiga jagoan yakni Honda CR-V, Honda HR-V dan Honda BRV yang baru saja dijual.

Honda HR-V berhasil mencatat angka penjualan yang baik sepanjang tahun 2015 lalu dengan total penjualan 36.425 unit di seluruh Indonesia.

Honda HR-V 1.5L menyumbang penjualan sebesar 28.897 unit dan berhasil memimpin pasar segmen LSUV dengan market share sebesar 39% di kelasnya. Sementara Honda HR-V 1.8L meraih total penjualan 7.528 unit dan memperoleh pangsa pasar 14% di segmen SUV.

Honda CR-V terjual 10.463 unit dengan pangsa pasar sebesar 19% di segmen SUV. [Syu/Idr]


Komentar