Skutik "Gambot" Tak Cocok Pakai Ban Radial Share this
Tips
Mode baca

Skutik "Gambot" Tak Cocok Pakai Ban Radial

Denny Basudewa
pada 06 Juni 2017

JAKARTA - Skuter matik berukuran besar yang banyak beredar di Tanah Air saat ini tidak cocok pakai ban radial.

Menjamurnya sepedamotor jenis skuter matik (skutik) berukuran gambot belakangan ini, menciptakan peluang bisnis baru bagi industri pendukung otomotif. Beragam aksesori banyak diburu para pengguna skutik di seluruh penjuru Indonesia.

Aksesori yang paling banyak dicari para pengguna kendaraan tersebut di atas salah satunya adalah ban. "Sepatu" skutik berukuran besar menjadi barang yang paling dicari konsumen.

Dengan mengubah ban dengan ukuran yang lebih besar, diyakini dapat meningkatkan penampilan kendaraan. Aksesori satu ini juga mampu memberikan lebih banyak grip, sehingga menambah rasa percaya diri saat berkendara.

Namun ban yang beredar untuk skutik gambot di pasaran saat ini merupakan jenis bias. Ban jenis bias dibuat dengan struktur rangka nylon dengan prosen lebih sederhana. Produk yang terbuat dari bahan karet jenis bias ini dikatakan oleh Akhmad Nursyamsu, Head of Exhibition and Sport Activation PT Multistrada Arah Sarana Tbk (Corsa), paling cocok untuk motor skutik.

"Skutik memang lebih cocok pakai ban bias. Karena kendaraan jenis ini kecepatan maksimalnya tidak terlalu kencang, paling cuma sampai 140-150 kpj. Jadi motor jenis ini belum butuh ban radial. Di pasaran yang beredar juga ban bias semua kok," ucap pria yang akrab disapa Achu di Jakarta.

Ban bias sendiri memiliki harga lebih murah daripada radial. Produsen industri pendukung otomotif ini fokus menyediakan ban radial untuk motor jenis sport berkapasitas besar.

Corsa sendiri berencana untuk meramaikan pasar ban skutik berukuran besar tahun ini. Mereka berencana menawarkan ban produksi lokal dengan harga yang kompetitif.

"Sebenarnya kami sudah punya ban untuk skuter matik tapi paling kecil hingga ukuran 14. Belakangan ini banyak hadir sepedamotor yang menggunakan ring 13 ke bawah. Jadi kita harus mempersiapkan segala sesuatunya terlebih dahulu. Setidaknya tahun ini akan kami luncurkan dan harganya akan cukup kompetitif," tutupnya. [Dew/Ikh]


Komentar