Sirkuit Silverstone dan Jerez Diaspal Ulang Share this
MotoGP
Mode baca

Sirkuit Silverstone dan Jerez Diaspal Ulang

Ary Dwinoviansyah
pada 10 Januari 2019

SILVERSTONE - Sirkuit Silverstone dan Jerez tengah menjalani perbaikan agar balapan bisa dihelat secara maksimal.

Jeda musim balap Grand Prix (GP) 2018-2019 menjadi waktu yang tepat bagi pihak sirkuit ini untuk merapihkan lintasan mereka. Utamanya bagi Sirkuit Silverstone yang pada musim lalu gagal menggelar balapan.

Kali itu, seharusnya balapan Moto3, Moto2 hingga MotoGP mungkin saja berjalan, meski hujan deras mengguyur lintasan. Tapi, debit air di sirkuit tak kunjung mengering. Alhasil, seri GP Inggris pun dibatalkan.

Padahal, sirkuit sepanjang 5,9 km itu baru saja mendapatkan pelapisan ulang aspal di tahun 2018. Pekerjaan serupa pun kembali dilakukan agar Silverstone dapat mulus melakoni tugasnya sebagai tuan rumah. Di samping itu Dorna Sports selaku penyelenggara balapan juga masih menunggu hasil investigasi penyebab kegagalan Silverstone tersebut.

Selain punya sistem drainase buruk, trek Silverstone juga mendapatkan kritikan dari Lewis Hamilton yang notabene pembalap Formula 1 asal Inggris. Saat menjalani balapan tahun lalu, Ia menyebut perbaikan di 2018 itu hanya membuang uang saja karena kenyataannya trek ini malah lebih bumpy.

Tidak hanya Silverstone, pihak sirkuit Jerez pun melapis ulang aspal lintasannya. Pengerjaannya pun terpantau sudah berjalan. Mulai dari penggilingan trek dan kemudian dilanjutkan dengan pengaspalan ulang. Ini dilakukan supaya para pembalap WSBK bisa menggunakannya untuk tes pramusim pertama, 23-24 Januari 2019 nanti. [Ary/Ari]


Komentar