Siap-Siap, Harga Mobil Toyota akan Naik 2 Bulan Berturut-turut Share this
Berita Mobil
Mode baca

Siap-Siap, Harga Mobil Toyota akan Naik 2 Bulan Berturut-turut

Insan Akbar
pada 20 Desember 2019

JAKARTA – Toyota memastikan bakal menaikkan harga mobil-mobil mereka dalam dua bulan berturut-turut, pada Desember 2019 dan Januari 2020.

Toyota sudah menaikkan harga seluruh kendaraan pada 11 Desember 2019 untuk wilayah Jakarta, di antaranya Avanza Rp 4,1 juta, Rush Rp 5,4 juta. Ini adalah penyesuaian terhadap kenaikan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) Ibu Kota dari 10 persen menjadi 12,5 persen pada tanggal tersebut.

Jakarta menjadi 1 di antara 13 provinsi dengan BBN-KB tertinggi kedua di Jakarta. Adapun BBN-KB tertinggi adalah 15 persen dan hanya diisi lima provinsi yakni Kalimantan Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Bali, Kalimantan Timur.

“Januari 2020 pasti ada kenaikan harga,” ucap Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), meladeni pertanyaan Mobil123.com di sela-sela Toyota End Year Gathering pada Kamis (12/12/2019) malam di Jakarta.

Menurut dia, kenaikan di awal tahun yang baru sebenarnya adalah hal rutin yang umum dilakukan karena faktor-faktor seperti inflasi dan naiknya ongkos produksi. Hanya saja, pada Januari 2020 nanti kesan beruntun muncul karena sebulan sebelumnya harga memang harus disesuaikan karena pemberlakukan BBN-KB terbaru.

“Untuk yang Desember ini, kan, (karena BBN-KB) 10 persen jadi 12 persen di Jakarta. Wilayah-wilayah lain sudah pada naik duluan seperti Tangerang, Jawa Barat,” tandas Anton.

Persentase kenaikan harga pada permulaan 2020 sendiri, menurut pengakuan dia, belum diputuskan. Jajaran direksi TAM sebagai agen pemegang merek baru terjadi akhir bulan ini.

“Biasanya keputusan di akhir bulan karena hitung-hitungan dulu semua aspek seperti biaya pengiriman dan lain-lain. Semua ada hitung-hitungannya juga,” pungkas Anton lagi. [Xan/Ari]


Komentar