Setel Ulang Suspensi Motor, Solusi Mudik Anti-Pegal Share this
Tips
Mode baca

Setel Ulang Suspensi Motor, Solusi Mudik Anti-Pegal

Ary Dwinoviansyah
pada 28 Mei 2019

JAKARTA — Para pemilik sepedamotor sebaiknya melakukan penyetelan ulang suspensi depan dan belakang demi menunjang kenyamanan selama perjalanan mudik.

Suspensi menjadi salah satu faktor utama yang harus diperhatikan sebelum memulai aktivitas ini. Jika tidak prima, bisa dipastikan kenikmatan berkendara akan berkurang seperti cepat terasa pegal. Untuk itu, Ohlins Indonesia menyarankan kepada para pemudik untuk menyetel kembali suspensi sepedamotornya. 

Eddy Saputra, Direktur PT Sena Auto Part (distributor Ohlins di Indonesia) memberikan tips seputar perawatan perangkat pada kaki-kaki tersebut. Harus dipastikan juga bahwa kedua suspensi berfungsi dengan maksimal. 

"Untuk bagian depan, sebaiknya ganti oli shock dengan yang baru. Tujuannya adalah untuk menghindari kelelahan saat berkendara. Apalagi kalau jalur yang dilalui tidak rata," buka Eddy kepada Otospirit.com

Foto: Front fork kit (spring kit) Yamaha XMax dijual dengan harga Rp 3,5 juta.

Lebih lanjut, Eddy menyebut pengguna motor bisa menambahkan produk after market seperti front fork kit. Paketan berupa spring, tabung dan preload adjuster yang juga disediakan Ohlins ini dapat memudahkan Anda melakukan setelan keempukan atau kekerasan suspensi depan sesuai keinginan. 

Setelah selesai dengan suspensi depan, maka beralih lah ke suspensi belakang. Namun, tips ini diperuntukkan kepada pengguna shock yang memiliki setelan seperti preload dan rebound. Eddy mengatakan ada baiknya suspensi belakang disetel sedikit lebih soft (lembut). 

"Jika keduanya sudah mendapatkan setelan ideal, efeknya akan berpengaruh kepada performa terutama di tikungan. Kemudian meningkatkan kestabilan dan mengurangi kelelahan baik pengemudi maupun penumpang," tutup Eddy. [Ary/Idr]


Komentar