Sejarah Porsche 911 yang Melegenda Share this
Berita Mobil
Mode baca

Sejarah Porsche 911 yang Melegenda

Denny Basudewa
pada 02 Januari 2018

Foto: Porsche 911

STUTTGART – Porsche 911 menjadi legenda di dunia otomotif, namun belum banyak orang yang tahu asal muasal penyematan angka yang sama dengan panggilan darurat di Amerika Serikat.

Menciptakan sebuah nama pada kendaraan bukanlah hal yang mudah. Banyak hal yang harus dipikirkan sebelum akhirnya identitas produk dilempar kepasaran. Pemilihan nama nan tepat dapat membuat sebuah barang yang dijual diterima oleh masyarakat.

Dalam prosesnya, penamaan sebuah kendaraan pada umumnya berkaitan dengan karakter yang diinginkan. Untuk sebuah model yang dipasarkan secara global, kemungkinan identik dengan pabrikan lain sangat mungkin terjadi.

Hal ini terjadi pada Porsche saat pertama kali mengenalkan 901 pada 1963. Produsen mobil asal Jerman tersebut mendapat surat teguran keras dari Peugeot. Manufaktur berlambang Singa ini meradang, karena pakem tiga angka dengan nol di tengah sudah menjadi ciri khas mereka.

Kemudian pihak Porsche menyanggupi untuk akhirnya merubah nama model 901 menjadi 911. Pabrikan mobil sport legendaris kemudian menghadapi masalah baru. Angka 901 sudah terpasang di bagian dasbor, buritan dan brosur yang telah dicetak.

Namun tiga angka tersebut dicetak terpisah, sehingga memudahkan pihak Porsche mengganti nol dengan 1. Walhasil mereka hanya perlu mencetak ulang brosur sebagai alat promosinya. Porsche berhasil menangani masalahnya, Peugeot sendiri kembali tersenyum meskipun hingga saat ini tidak ditemukan model 901.

Sementara Porsche 911 terus menjadi legenda dan penerusnya terus hadir dengan inovasi baru. Bahkan jika Anda mencari Peugeot 901 di internet, maka yang ditampilkan justru sejarah Porsche 911. [Dew/Ari]


Komentar