Segmen MPV Turun, Mitsubishi Tetap PD dengan Xpander Share this
Berita Mobil
Mode baca

Segmen MPV Turun, Mitsubishi Tetap PD dengan Xpander

Adi Hidayat
pada 04 September 2017

Foto: Mitsubishi Xpander (Foto: Amos)

PALEMBANG - Mitsubishi masih percaya diri meski market share small MPV mengalami penurunan.

Segmen LMPV memperoleh wholesales sepanjang tahun ini masih belum membaik. Pada Januari-Juli 2017, jika dibanding peridoe sama tahun lalu ada penurunan sebesar 4,48 persen.

Penurunan market share pada segmen ini disebabkan hadirnya mobil LCGC. Harga murah menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang yang lebih memilih mobil LCGC ketimbang mobil MPV.

“LCGC memang meningkat (permintaannya) karena first buyer itu tinggi sekali permintaannya. Di segmen small MPV, yang tertekan adalah varian rendah sementara untuk varian tinggi tidak terpengaruh. Tapi ini adalah hal wajar karena konsumen juga berpindah dari city car menjadi ke MPV,” kata Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Ia pun menambahkan bila ada sebuah produk baru pada segmen tertentu, maka segmen tersebut akan meningkat market sharenya. Menurutnya, hal ini adalah wajar, untuk itu bukan tidak mungkin bila Mitsubishi Xpander justru akan menjadi solusi untuk meningkatkan segmen MPV.

“Sama seperti tahun lalu, ketika itu Pajero Sport dan Toyota Fortuner meluncur. Segmen medium SUV pun langsung meningkat,” tambahnya.

Tak hanya itu, Ia pun melihat perkembangan pasar otomotif Indonesia ke depannya masih akan dikuasai oleh small MPV. Maka adalah hal wajar bila Mitsubishi mencoba untuk masuk ke segmen tersebut.

“Kita melihat small MPV masih akan menjadi segmen paling besar. Meski ada LCGC yang peminatnya juga besar, namun Small MPV masih akan menjadi model paling besar peminatnya. Karena itulah, Mitsubishi tetap harus masuk ke segmen small MPV,” tutupnya.

Kehadiran Mitsubishi di segmen small MPV rupanya disambut hangat oleh masyarakat. Tercatat, Mitsubishi Xpander sudah terpesan sebanyak 11.521 unit per 25 Agustus 2017. Jumlah tersebut dipastikan akan terus bertambah mengingat masih banyaknya daerah-daerah di Indonesia yang masih belum dilakukan peluncuran.

Salah satu kota yang baru melakukan peluncuran Mitsubishi Xpander adalah Palembang. Di Kota ini, SPK Mitsubishi sudah mencapai 426 unit pada 28 Agustus 2017. Dari jumlah tersebut, tetap tipe ultimate menjadi model yang paling diminati oleh konsumen. [Adi/Ikh]


Komentar