Schaefer 580, Yacht Inovatif Berbekal Joystick Share this

Schaefer 580, Yacht Inovatif Berbekal Joystick

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 20 Agustus 2018

RIO DE JANEIRO - Schaefer 580 menyajikan sebuah yacht inovatif lantaran menggunakan joystick sebagai pengganti lingkar kemudi.

Perhelatan Rio Boat Show di Brasil dijadikan momentum bagi Marcio Schaefer untuk memperkenalkan produk terbaru yakni Schaefer 580. Produsen yacht terbesar di negeri Samba itu bahkan menyuguhkan sesuatu yang berbeda kepada calon konsumennya.

Pasalnya, Anda tidak akan menemui setir kemudi konvensional pada Schaefer 580. Ruang kemudinya hanya diisi oleh satu buah jok berikut dua buah tuas di kedua sisi. Paling menarik adalah joystick di sebelah kanan di mana fungsinya adalah untuk mengarahkan tujuan yacht.

Menurut sang pemilik, mereka bekerja secara intensif dengan pihak Volvo Penta dalam menggarap joystick tersebut. Agar bisa digunakan seperti sekarang, Marcio menyebut butuh waktu 2 bulan.

"Ketika kami mendesainnya bersama Volvo Penta IPS kami memutuskan hanya akan memakai joystick dan pengembangannya berlangsung selama 2 bulan. Menurut kami, inovasi ini dapat meningkatkan menuvernya dan membawa yacht ini ke level ergonomi lebih baik pada bagian depan," ucap Marcio.

Pihak Volvo Penta juga merasa bangga karena turut menjadi bagian dalam pembuatan yacht dengan joystick pertama. Apalagi mesin IPS800 yang tertanam pada Yacht 580 ini sangat mumpuni diajak mengarungi lautan karena mampu menghasilkan tenaga sebesar 670 hp.

"Kami adalah yang pertama mengenalkan mesin IPS dan joystick untuk kapal. Ini juga sejalan dengan strategi easy boating kami agar para pemilik dapat dengan mudah mengoperasikan kapal serta bisa lebih mendapatkan pengalaman selama di air," kata Ron Huibers, Presiden Volvo Penta America.

Gagasan baru dari Schaefer 580 bersama Volvo Penta saat ini memang baru bisa di nikmati oleh pasar di Brasil. Namun, penerapan teknologi ini nyatanya menarik minat produsen lainnya. Kabarnya, sudah banyak produsen yacht yang bakal mengaplikasi joystick di produk-produk mereka nantinya. [Ary/Ari]


Komentar