Samsung Patenkan Smartphone 6 Kamera Share this
Gadget
Mode baca

Samsung Patenkan Smartphone 6 Kamera

Ahmad  Richad
pada 22 Juni 2020

Foto: Paten Kamera Samsung

SEOUL - Perusahaan teknologi asal Korea Selatan, Samsung baru saja menerbitkan sebuah hak paten baru untuk smartphone berdesain enam lensa kamera di bagian belakangnya.

Diketahui bahwa hak paten tersebut sudah diajukan Samsung pada Desember 2019 lalu kepada WIPO (World Intellectual Property Office) dan berhasil diterbitkan pada 11 Juni kemarin.

Teknologi yang berhasil dipatenkan Samsung ini merupakan desain modul kamera belakang yang terdiri dari enam lensa yakni, masing-masing lima lensa sudut lebar dan satu lensa zoom periskop.

Dalam hal ini, Samsung juga mematenkan satu teknologi lensa baru bernama Tiltable Image Sensor yang dapat membuat lensa kamera smartphone bergerak secara miring, baik itu menghadap kanan, kiri ataupun ke atas.

samsung

Tidak hanya itu, berdasarkan informasi paten yang diajukan lensa sudut lebarnya akan memiliki jangkauan fokal 28 mm. Dan untuk teknologi Tiltable Image Sensor dalam mode normal, kamera akan menghadap posisi lurus seperti biasa, tapi saat diaktifkan lensa tersebut baru akan bergerak.

Dengan teknologi tersebut memungkinkan sensor untuk mencapai focal length yang lebih luas secara keseluruhan, dan bahkan dapat membantu dalam menghasilkan potret panorama tanpa menggerakkan ponsel. 

Selain itu, lensa miring juga diinformasikan akan memberikan “efek panorama bokeh”, artinya hasil panorama dapat memiliki latar belakang buram. Teknologi lensa bergerak ini juga dapat membuat kelima sudut lebarnya bekerja secara bersamaan untuk menghasilkan gambar yang lebih baik saat hasil foto digabungkan.

Beberapa pengamat teknologi mengatakan, meskipun paten ini menawarkan berbagai kelebihan. Namun mekanisme bentuk kamera seperti ini dinilai terlalu mahal apabila ingin dihadirkan pada smartphone, atau diproduksi secara massal.

Sampai berita ini diturunkan, tidak ada informasi lebih lanjut apakah pihak Samsung akan benar-benar mengembangkan dan memproduksi desain smartphone tersebut dalam waktu dekat ini. [Ric/Idr]


Komentar