Salah Finish, Galang Hendra Kehilangan Podium di Jerez Share this
Balap Lain
Mode baca

Salah Finish, Galang Hendra Kehilangan Podium di Jerez

Ary Dwinoviansyah
pada 10 Juni 2019

JEREZ — Galang Hendra melakukan kesalahan fatal yang membuatnya gagal menaiki podium World Supersport 300 (WSSP300) di Jerez, Spanyol, kemarin (9/6). 

Sebenarnya, Galang mengawali laga lanjutan kali ini dengan positif. Asa pembalap binaan Yamaha Indonesia ini untuk menaiki podium pun semakin besar karena memulai balapan dari grid ketiga. 

Namun, perjuangannya di race 1 baru bisa mengantarkan Galang finish di urutan keenam. Padahal, sepanjang balapan dia sempat bersaing di baris depan dan bahkan memimpin balapan. 

Determinasinya memuncak saat menghadapi race 2 di mana pembalap asal Yogyakarta ini langsung bisa bersaing dengan di tiga besar. Sayang, balapan sempat dihentikan karena adanya insiden di lintasan. 

Alhasil, balapan kembali diulang dengan pemangkasan putaran menjadi 7 lap. Tapi, penampilan rider 20 tahun ini malah menurun. Terlihat di mana posisinya sempat merosot ke posisi 7. Perlahan, Galang bersama Yamaha R3 mulai menyodok hingga akhirnya menguntit tiga penunggang Kawasaki Ninja 400 di depannya.

2 lap terakhir, Galang coba lebih agresif untuk mencuri posisi terdepan yang membuat aksi saling overtake tak terhindarkan lagi. Peluangnya menapaki podium pun masih terbuka lebar hingga lap terakhir, tepatnya setelah tikungan terakhir. 

Setelah keluar tikungan, Galang setidaknya bisa mencuri podium ketiga dari Ana Carasco. Namun, dia melakukan kesalahan kecil dengan mengendurkan putaran gas yang mengakibatkannya kehilangan posisi tersebut. Galang mengira sudah menuntaskan balapan karena. Padahal, garis finish masih beberapa meter di depan.

"Di lap terakhir saya sudah berada di posisi ketiga. Menjelang garis finish saya melakukan hal kecil yang sangat fatal dan saya mohon maaf untuk semua fans dan masyarakat Indonesia, saya sudah mengecewakan semuanya," kata Galang usai balapan. 

Ia pun berjanji akan kembali memberikan penampilan terbaiknya di seri Misano (Italia). Semangatnya untuk mengibarkan bendera Merah Putih di podium juga masih tinggi. Apalagi, saat ini juga Galang masih bercokol di top 10 klasemen sementara WSSP300 2019. [Ary/Idr]    


Komentar