Rumah Modifikasi ABT Tuning Tertua di Dunia Share this
Modifikasi
Mode baca

Rumah Modifikasi ABT Tuning Tertua di Dunia

Denny Basudewa
pada 24 Juni 2016

Foto: Homebase ABT Sportline

KEMPTEN – Sebagai rumah modifikasi, ABT Tuning telah dianggap 'suhu modifikator'. Johann Abt adalah sosok di balik kesuksesan ABT Tuning selama 120 tahun.

Didirikan oleh Volkswagen Group, ABT Tuning kini berkembang menjadi rumah modifikasi terbesar di dunia. Pada tahun 1896, Johann Abt mulai merancang mobil standar pabrik menjadi kendaraan yang memiliki nilai seni tinggi.

Pada 1920, ABT memilih untuk bekerjasama dengan pabrikan mobil asal Jerman yakni Audi. Seiring dengan berjalannya waktu, image ABT kian lekat dengan brand Audi. Audi 80 dan 100 yang disebut-sebut sebagai cikal bakal VW Golf dan Scirocco adalah karya perdana ABT Tuning.

Berkat kerja keras dan kepercayaan konsumen, ABT Tuning menjadi ABT Sportline pada 1990. Rumah modifikasi tersebut terus melanjutkan kerjasama dengan Volkswagen Group. Mulai saat itu, mereka baru merambah dunia balap.

Saat ini, ABT Sportline tengah mengalami masa kejayaan pada kejuaraan Formula E. Untuk merayakan hari jadi 120 tahun ABT Sportline, mereka meluncurkan Audi TTS, QS3 dan T6 edisi khusus balap.

Audi TTS yang dikembangkan ABT Sportline berhasil menunjukkan kenaikan performa mobil dari 310 hp menjadi 370 hp. Kendaraan hasil pengembangan ABT Sportline tersebut mampu dipacu hingga 265 kpj.

Satu lagi karya ABT Tuning adalah Audi Q3 120 Years Edition. Dengan menggunakan seragam ala tim balap mereka, SUV compact tersebut kini memiliki tenaga maksimal 210 hp (sebelumnya 184 hp). Audi garapan ABT Sportline juga mampu dipacu hingga 224 kpj.

Karya paling mutakhirnya adalah Volkswagen T6. Mobil berjenis van tersebut kini memilki kemampuan mesin luar biasa. Mesin 2.0 TDI sentuhan ABT Sportline ini naik sekitar 30 hp menjadi 150 hp dengan torsi 420 nm.  [Dew/Ikh]

Lebih lanjut di Otospirit
Rumah Modifikasi ABT Tuning Tertua di Dunia


Komentar