Rossi: Suzuki Meningkat Pesat Share this
MotoGP
Mode baca

Rossi: Suzuki Meningkat Pesat

Ary Dwinoviansyah
pada 20 Maret 2019

TAVULLIA  — Valentino Rossi mengatakan dari semua tim pabrikan, Suzuki-lah yang mengalami peningkatan pesat di musim MotoGP 2019. 

Pada seri pertama lalu, para pembalap Suzuki Ecstar tampil mengejutkan. Alex Rins sempat bertarung dengan Andrea Dovizioso dan Marc Marquez untuk memenangkan balapan di Sirkuit Losail, Qatar. Meski, pada akhirnya Rins harus puas finish ke-4. 

Pun demikian dengan rookie mereka yaitu Joan Mir. Pembalap muda asal Spanyol itu juga tampil impresif di awal balapan. Walaupun, Ia hanya bisa menuntaskannya di posisi 8. Tapi, bagi seorang pembalap baru, itu adalah pencapaian positif. 

Namun, Rossi menilai performa para pembalap Suzuki bersama motornya sangat baik pada balapan kali itu. Pembalap Yamaha itu pun mengapresiasi kinerja tim asal Hamamatsu, Jepang. 

"Saya senang karena itu adalah balapan yang bagus. Tapi, masalahnya adalah kami berada di belakang Ducati dan Honda (tim pabrikan), tim satelit Honda dan juga Suzuki. Masalahnya, Suzuki kuat di sini dan mereka melakukan peningkatan terbesar (dibandingkan tim pabrikan lain termasuk Yamaha)," kata Rossi.

Sementara itu Rossi menilai penampilannya di seri pertama MotoGP 2019 tidak terlalu buruk. Memulai balapan dari grid ke-14 dan finish ke-5. Tapi, dia merasa kinerja Yamaha M1 masih sama dengan musim lalu. Permasalahan seputar cengkeraman roda belakang masih terasa, sehingga memengaruhi akselerasi motor mereka.  

"Pada akhir balapan saya melakukan balapan yang kurang lebih sama dengan tahun lalu. Saya memulai dari belakang dan berhasil naik. Masalahnya adalah tingkat kinerja kami sangat mirip dengan 2018," tutup Rossi.

Rossi bisa dikatakan mendulang hasil positif di MotoGP Qatar 2019. Berbeda dengan penampilan rekan setimnya yaitu Maverick Vinales. Pengguna nomor 12 ini tampil meyakinkan setelah merebut pole position. Sayang, sepanjang balapan performanya menurun dan dia hanya bisa menyelesaikannya di posisi 7. [Ary/Idr] 


Komentar