Rossi Melempem di MotoGP Misano 2018, Ini Penyebabnya Share this
MotoGP
Mode baca

Rossi Melempem di MotoGP Misano 2018, Ini Penyebabnya

Denny Basudewa
pada 10 September 2018

Foto: Valentino Rossi

MISANO – Valentino Rossi merasa heran kenapa performa ban Michelin tidak maksimal pada Yamaha, sementara pada Honda dan Ducati ban asal Perancis tersebut baik-baik saja.

Seperti diketahui bahwa Rossi dan pembalap Yamaha lainnya menderita pada MotoGP Misano 2018. Ban Michelin kembali menjadi momok mengerikan bagi para pembalap di kelas MotoGP. Namun perlahan-lahan tim melakukan pengembangan, sehingga motor kembali mendapatkan grip yang lebih baik.

Namun hal ini tidak berlaku bagi Yamaha seperti yang dikeluhkan para pembalapnya selama ini, selain masalah elektronik tentunya. Yamaha YZR-M1 dianggap tidak kompetitif dalam berakselerasi dan membuat ban cepat tergerus dan kemudian kehilangan grip.

“Paling pertama kami tidak tahu di mana masalahnya. Kami juga tidak tahu kenapa pada beberapa trek, kami mengalami lebih banyak masalah dibandingkan pembalap-pembalap lain. Saya berbicara seperti ini karena realitanya catatan waktu kami sama dengan Honda dan Ducati seperti kemarin,” cetus Rossi.

Menurutnya sangat aneh jika ban yang digunakan hanya mampu menyiksa Yamaha. Sesungguhnya mereka belum mengetahui dengan jelas masalahnya. Namun jika diperhatikan tiga musim terakhir, Rossi memulai musim dengan baik pada awalnya. Ketika masuk ke paruh kedua, sistem teknis Yamaha bermasalah.

“Faktanya jika melihat hasil kami selama ini, saya mendapat podium lebih banyak pada paruh pertama. Ducati dan Honda tampaknya mampu mengembangkan motor ke arah yang benar, terutama jika dibandingkan dengan kami,” ungkap Rossi yang mengenalkan desain helm baru di Misano. [Dew/Ari]


Komentar