Rossi Digdaya di Barcelona Share this
MotoGP
Mode baca

Rossi Digdaya di Barcelona

Denny Basudewa
pada 05 Juni 2016

Foto: Valentino Rossi memenagkan balapan MotoGP Catalunya

BARCELONA – Valentino Rossi berhasil meraih kemenangan di MotoGP seri Barcelona. Ia berhasil mengatasi perlawanan Marc Marquez jelang balapan berakhir.

Jorge Lorenzo memulai balapan dengan agresif untuk mengambil alih pimpinan lomba. Marquez langsung membuntuti dibelakangnya. Duo Ducati sempat mencuri perhatian dengan menyodok ke barisan terdepan. Namun posisi keduanya tidak bertahan lama. Valentino Rossi yang memulai balapan dari posisi kelima juga memulai lomba dengan baik.

Pembalap Italia tersebut berhasil menyalip Maverick Vinales. The Doctor --sapaan akrab Valentino Rossi-- terus menunjukkan determinasinya dengan mencetak fastest lap. Korban pertama dari Rossi adalah Dani Pedrosa.

Hanya butuh waktu dua lap, Rossi berhasil menyingkirkan Pedrosa. Pemilik nomor 46 tersebut terus tancap gas dan menempel ketat Marquez dan Lorenzo.

Catatan waktu Rossi terus membaik, Ia mencetak 1 menit 46 detik untuk satu putaran. Juara dunia MotoGP sembilan kali tersebut tampil digdaya. Rossi hanya membutuhkan tiga lap untuk menyisihkan Lorenzo dan Marquez.

Memimpin lomba, Rossi tidak terlihat mengendurkan kecepatannya. Motor Yamaha YZR-M1 miliknya langsung memperlebar jarak dengan pembalap di belakangnya. Entah apa yang salah dengan motor Lorenzo, pembalap berjuluk 'Por Fuera' tertinggal cukup jauh.

Lorenzo bahkan disalip oleh duo pembalap Repsol Honda. Lorenzo bahkan diteror oleh Vinales yang tampil cukup impresif.

Sementara Rossi terus berusaha melepaskan diri dari kejaran Marquez. Rossi berhasil mengungguli empat pembalap tuan rumah. Namun jarak antara Rossi dengan Marquez tidak sampai setengah detik.

Lorenzo terus berjuang mempertahankan posisi empat sementara. Namun superioritas Vinales mengalahkan usaha Lorenzo, pembalap masa depan Yamaha tersebut berhasil menyingkirkan pemilik nomor 99 tersebut.

Ubahan pada sirkuit Catalunya membuat beberapa pembalap merasa kesulitan. Tidak terkecuali Rossi yang harus memulai lomba dari posisi kelima. Menurutnya layout baru sirkuit membuatnya harus hati-hati dalam memilih kompon ban.

Penderitaan Lorenzo mencapai puncaknya. Ketika balapan tinggal menyisakan sembilan putaran lagi, Andrea Iannone tidak bisa mengendalikan motornya. Ducati Desmosedici GP16 Iannone menyentuh bagian buritan motor Lorenzo. Keduanya gagal melanjutkan balapan di sirkuit Catalunya ini.

Marquez terus memberi tekanan pada Rossi jelang balapan berakhir. Juara dunia MotoGP dua kali melakukan serangan pertamanya pada saat balapan menyisakan lima putaran lagi. Keduanya menyajikan pertarungan menarik.

Marquez menggunakan teknik slipstreaming guna mengambil alih posisi pimpinan. Pemilik nomor 93 ini berhasil merebut tempat pertama dari Rossi dua lap kemudian. Namun hal tersebut tidak berlangsung lama.

Rossi mampu merebut kembali posisi terdepan. Kali ini Marquez tidak bisa berbuat apa-apa. The Baby Alien tampak kehilangan grip ban depannya. Selisih waktu keduanya semakin besar, Rossi mulai meninggalkan Marquez.

Rossi melintasi garis finish sebagai pemenang lomba. Posisi kedua diraih Marquez diikuti Pedrosa dan Vinales. Pol Espargaro berhasil menjadi pembalap satelit tercepat di Catalunya. Pembalap tuan rumah tersebut menyentuh garis finis di posisi kelima. [Dew/Ikh]


Komentar