Rossi Akui Lorenzo dan Marquez Lebih Baik Darinya Share this
MotoGP
Mode baca

Rossi Akui Lorenzo dan Marquez Lebih Baik Darinya

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 18 Juni 2018

BARCELONA - Valentino Rossi menganggap podium ketiga yang diraihnya sudah cukup, jika melihat penampilan Jorge Lorenzo dan Marc Marquez di MotoGP Catalunya, Spanyol (17/6/2018).

Start dari grid ketujuh tak menyurutkan asa Rossi untuk tampil maksimal di MotoGP kali ini. Apalagi, dia menempati posisi kedua di klasemen sementara. Namun, langkahnya untuk bersaing di baris depan tidak begitu mulus karena Andrea Iannone (Suzuki Ecstar) dan Andrea Dovizioso (Ducati Corse) sempat menghalangi.

Akan tetapi, dewi fortuna berada di pihak Rossi setelah Iannone tersingkir dari perburuan podium. Ditambah lagi, Dovizioso harus meninggalkan balapan lantaran terjatuh di T5 Sirkuit Catalunya.

Hal tersebut jelas menguntungkan Rossi. Akan tetapi, gap dengan Marquez yang ada di urutan kedua cukup jauh. Sehingga pembalap Movistar Yamaha ini hanya bisa mengamankan podium ketiga. Selain kejatuhan Dovizioso, Rossi juga bisa lebih cepat dibanding kemarin. Hal tersebut juga didukung oleh penggunaan kombinasi ban soft-soft yang menurutnya merupakan pilihan tepat di seri ketujuh ini.

"Sejak latihan, jelas sekali pembalap Ducati (termasuk Lorenzo) dan Marquez punya ritme lebih baik. Balapan tadi adalah hasil bagus dan podium kedua ini juga poin penting untuk kejuaraan," ujar Rossi usai balapan.

Hasil di Catalunya ini memantapkan posisi Rossi di urutan kedua klasemen sementara MotoGP 2018 dengan 88 poin. Dia terpaut 27 poin dari Marquez yang memuncaki tangga perolehan angka yaitu 115 poin. Sedangkan Maverick Vinales tetap berada di urutan ketiga dengan 73 poin. Namun, Dia harus mewaspadai pergerakan Johann Zarco (posisi 4) yang hanya berselisih 2 poin saja.

MotoGP Catalunya kali ini dimenangkan oleh Lorenzo. Pembalap Spanyol ini senang bisa membawa Ducati naik podium tertinggi di sirkuit tersebut. Ini juga sekaligus menjadi kemenangan keduanya secara beruntun setelah sebelumnya berhasil merajai MotoGP Mugello. [Ary/Ari]


Komentar