Rio Haryanto Agak Kaget dengan Performa Mobil Balap Listrik Share this
F1
Mode baca

Rio Haryanto Agak Kaget dengan Performa Mobil Balap Listrik

Adi Hidayat
pada 06 Oktober 2017

Foto: Rio Haryanto telah menyelesaikan tes Formula E pertamanya (Foto: Motorsport.com)

VALENCIA - Mantan pembalap Formula 1, Rio Haryanto telah menyelesaikan tes Formula E pertamanya di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Selasa (3/10/2017). Kembalinya Rio ke lintasan balap untuk kali pertama sejak Grand Prix Jerman 2016.

Tes pramusim ini terbagi dalam dua sesi dan Rio menyelesaikan 30 putaran dengan menggunakan mobil Spark SRT_01E.

"Saya belum pernah balapan lagi di kejuaraan lain. Saya masih melakukan karting untuk mempertahankan ritme," kata Rio.

"Ini bukan mobil balap tapi setidaknya saya punya pemahaman tentang cara kerjanya. Saya senang dengan hasil akhir. Uji coba berjalan mulus, tidak ada kesalahan, dan saya bisa mendapatkan putaran sebanyak mungkin."

Pemuda asal Solo itu mendapatkan kesempatan untuk mengendarai Formula E dari Alejandro Agag yang menjabat sebagai CEO ajang tersebut. Agag bukan orang baru bagi Rio, karena pada ajang GP2 2013, pria berusia 24 tahun itu pernah menjadi bagian dari tim milik Agag.

Rio menjajal mobil Formula E bertenaga 200 kW (setara 268 Hp) dengan sistem pengereman regeneratif (Regenerative Braking).

Menurut Rio, mobil Formula E berbeda dengan Formula 1, dari suaranya saja, mobil balap Formula hampir tidak mengeluarkan suara. Selain itu dijelaskan Rio bahwa perbedaan lain bisa dirasakan ketika keluar masuk tikungan, dan sistem pengereman serta tingkat downforce-nya juga memberikan impresi unik.

"Mobil tidak memiliki banyak tenaga, jadi harus selalu menjaga kecepatan," ucapnya.

Hingga kini belum ada kepastian apakah Rio akan benar-benar terjun ke Formula E atau tidak. Namun yang jelas ini sudah menjadi pengalaman berharga bagi Rio. [Adi/Ikh]

Sumber: autosport.com


Komentar