Riding Assist-e Concept, "Motor Pintar" di Tokyo Motor Show 2017 Share this

Riding Assist-e Concept, "Motor Pintar" di Tokyo Motor Show 2017

Denny Basudewa
pada 03 Oktober 2017

Foto: Honda Riding Assist-e

TOKYO – Honda dikabarkan akan membawa "motor konsep pintar" yang bisa berdiri sendiri di Tokyo Motor Show (TMS) 2017.

Produk terbaru Honda ini dikatakan sebagai sebuah evolusi dari Honda UNI-CUB, dengan nama Riding Assist-e. Ini merupakan sepedamotor yang dapat berdiri tegak tanpa bantuan dari pengendara.

Konsep motornya menggunakan Honda’s proprietary Balance Control Technology (self-balancing) yang pertama kali muncul pada motor konsep Honda di ajang teknologi CES 2017, berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat (AS).

Honda Riding Assist-e tidak menggunakan giroskop, seluruh sistem kelistrikan telah mengadopsi steer-by-wire dan beberapa motor listrik untuk menggerakkan roda depan.

Ya, motor ini berpenggerak roda depan dengan mengubah geometri front-end. Ini sekaligus mengaktifkan mode otonom. Pada event TMS 2017, Honda menyempurnakan kendaraan ini dengan menyematkan motor listrik yakni Riding Assist-e.

Berdasarkan gambar yang beredar, nampaknya Honda menempatkan motor listrik pada bagian bawah. Sementara untuk mendinginkan terdapat radiator yang terdapat di bagian belakang kendaraan. Motor ini menggunakan mono-arm yang tergabung dengan drive shaft di sebelah kiri.

Dalam pengembangannya, Honda memisahkan perangkat sumber tenaga dan penyeimbang kendaraan. Hal ini memungkinkan motor ini dapat menggunakan mesin apapun. Teknologi ini diharapkan dapat mengurangi bahkan mengeliminasi jumlah kecelakaan.

Motor ini juga ditujukan bagi pemula yang baru belajar mengendarai kendaraan roda dua. Teknologinya diciptakan guna mempermudah mereka beradaptasi dengan alat transportasi praktis, khususnya sebagai komuter di kota-kota besar.

Dalam Video di atas, terlihat bahwa Honda Riding Assist-e dapat mengikuti pemiliknya. Motor ini juga dapat membaca situasi maupun kondisi jalan.

Selain menampilkan Riding Assist-e, Honda juga dikabarkan akan memamerkan beberapa motor konsepnya seperti Super Cub 125, edisi spesial Super Cub 110 dan Monkey 125. [Dew/Ikh]

Lebih lanjut di Otospirit
Riding Assist-e Concept, "Motor Pintar" di Tokyo Motor Show 2017


Komentar