Resmi Pamit dari MotoGP, Valencia Balap Terakhir Lorenzo Share this
MotoGP
Mode baca

Resmi Pamit dari MotoGP, Valencia Balap Terakhir Lorenzo

Denny Basudewa
pada 15 November 2019

Foto: Jorge Lorenzo umumkan pensiun dari MotoGP

VALENCIA – Jorge Lorenzo resmi mengumumkan akan pensiun dari MotoGP. Pembalap tim Repsol Honda tersebut akan menjalani balapan terakhirnya di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia akhir pekan ini.

Pada sesi konferensi pers khusus jelang rangkaian seri MotoGP Valencia 2019, mantan pembalap Yamaha ini mengumumkan pengunduran dirinya sekaligus menuntaskan kontraknya bersama tim pabrikan Honda.

“Saya selalu berpendapat bahwa ada empat momen paling penting bagi seorang pembalap. Balapan pertama, kemenangan pertama, juara dunia pertama karena tidak semua pembalap mendapatkannya dan akhirnya keputusan untuk pensiun,” ucap Lorenzo.

Ia menjelaskan bahwa keputusannya untuk pensiun sudah bulat dan menjadikan MotoGP Valencia 2019, sebagai balapan terakhirnya. Usai menjalani lomba terakhirnya di sirkuit Ricardo Tormo, Ia akan menyudahi karirnya sebagai pembalap profesional.

Ditemani oleh Carmelo Ezpeleta selaku CEO Dorna, Lorenzo mengungkapkan alasannya pensiun dari MotoGP. Di hadapan banyak orang termasuk beberapa pembalap kecuali Valentino Rossi yang tidak terlihat, Ia menceritakan alasannya untuk pensiun dari ajang balap motor paling populer di seluruh dunia. Cedera yang dialaminya sejak September 2019, menjadi faktor utama dalam pengambilan keputusan.

“Cedera yang saya alami memiliki peran penting atas keputusan ini (pensiun). Hal inilah yang juga mempengaruhi hasil kinerja saya belakangan ini. Ditambah lagi motor yang terasa asing bagi saya, sehingga saya kesulitan untuk bisa tampil kompetitif,” jelas Lorenzo kemudian.

Lorenzo menuturkan bahwa dirinya tidak pernah kehilangan kesabaran untuk bisa tampil maksimal setiap balapan. Dipikirannya hasil baik akan datang seiring dengan waktu, namun hal tersebut tidak kunjung terjadi.

“Ketika saya mengalami kecelakaan parah saat sesi tes di Montmelo, saya mulai melihat cahaya dari terowongan. Kemudian saya mengalami kecelakaan lagi di Assen dan konsekuensinya berujung pada keputusan hari ini,” ceritanya. [Dew/Idr]


Komentar