Resep Vinales Tampil Spektakuler di Sepang Share this
MotoGP
Mode baca

Resep Vinales Tampil Spektakuler di Sepang

Denny Basudewa
pada 03 Februari 2017

Foto: Maverick Vinales

SEPANG  - Sesi tes hari terakhir di Sirkuit Sepang, Malaysia memunculkan nama Maverick Vinales sebagai yang tercepat.

Mantan pembalap Suzuki Ecstar tersebut langsung menyatu dengan tunggangannya. Bersama Yamaha YZR-M1 2017, Vinales mencetak waktu 1 menit 59, 386 detik. Bahkan catatan waktu tersebut melampaui rekor catatan waktu yang dipegang Jorge Lorenzo pada balap musim 2015.

Pembalap 22 tahun ini berhasil menjinakkan M1 2017 meskipun tanpa sayap atau winglet. Meskipun menjadi yang tercepat di Sepang, torehan waktu Vinales dengan beberapa pembalap lain cukup dekat. Tercatat sepuluh pembalap berhasil membukukan waktu di bawah 2 menit.

Menempuh puluhan lap dengan setingan balap, Vinales tampak telah menguasai tunggangannya. Bahkan dirinya melampaui catatan waktu seniornya sekaligus rekan satu timnya Valentino Rossi. Performa apik Vinales di Sepang kemarin disebut-sebut karena Yamaha memiliki keunggulan pada traksi.

“Bagi saya, traksi Yamaha mengejutkan. Sangat-sangat konstan, jadi Anda bisa fokus maksimal saat masuk tikungan dan menjaga kecepatan. Sejujurnya dengan kondisi seperti ini, mengendarai motor menjadi lebih mudah,” ujar Vinales.

Menyadari ketatnya persaingan, Vinales tidak ingin meremehkan para kompetitornya. Ia menyoroti penampilan Marquez yang terus membaik khususnya pada hari ketiga sesi tes. Sang juara bertahan menempel ketat perolehan waktu Vinales di tempat kedua. Dirinya juga masih berusaha untuk mengembangkan potensi motornya.

“Bagaimanapun saya merasa masih banyak yang harus dikerjakan terutama dengan gaya membalap. Saya masih bisa mengambil keuntungan dari motor. Saya melihat masih banyak potensi motor yang bisa dikembangkan,” jelas Vinales.

Pada sesi tes hari ketiga kemarin, Vinales juga mencoba chassis baru Yamaha. Namun pembalap muda tersebut masih belum memutuskan untuk melanjutkan pengujian motor dengan sasis tersebut. Sesi tes sendiri akan berlanjut di Sirkuit Phillip Island, Australia. [Dew/Ikh]


Komentar