Repsol Honda Tunjuk Sete Gibernau Sebagai Penasihat Pedrosa Share this
MotoGP
Mode baca

Repsol Honda Tunjuk Sete Gibernau Sebagai Penasihat Pedrosa

Denny Basudewa
pada 01 Maret 2017

Foto: Sete Gibernau

JEREZ – Tim Repsol Honda menunjuk Sete Gibernau untuk menjadi penasihat Dani Pedrosa.

Mantan pembalap Honda tersebut terlihat pada sesi tes pribadi Repsol Honda di Jerez beberapa waktu lalu. Kehadiran runner up MotoGP tersebut bukan tanpa arti. Pria asal Spanyol ini didaulat untuk mengembangkan RC213V milik Dani Pedrosa dan Marc Marquez.

Gibernau yang memulai karir balapnya sejak 2009 akan fokus menjadi penasihat bagi Pedrosa. Namun sesi tes pribadi tim berlambang Sayap Mengepak tersebut tidak berjalan mulus. Kondisi cuaca yang kurang baik membuat Marquez dan Pedrosa gagal masuk lintasan.

Strategi menggunakan pembalap senior sebagai penasehat sebenarnya telah dilakukan tim lainnya. Hal seperti ini telah dilakukan Movistar Yamaha sejak musim lalu. Mereka menunjuk Luca Cadalora sebagai pembimbing Valentino Rossi.

Sedangkan tim Ducati MotoGP menunjuk Casey Stoner sebagai penasehat Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso. Keberadaan pembalap lawas pada tim membantu tim menemukan potensi terbaiknya. Meskipun berbeda era, adanya saran dari mereka memberikan keseimbangan dalam tim.

Gibernau sendiri pernah menjadi lawan berat Rossi. Sebagai pembalap satelit Honda, Ia merupakan salah satu kandidat juara dunia setelah The Doctor. Pembalap berumur 44 tahun ini mencatat delapan kemenangan bersama tim Gresini Honda.

Gibernau juga pernah mengalami masa-masa menggunakan motor balap 2-tak. Kala itu dirinya sempat menjadi pembalap Suzuki, Honda dan Ducati. Sayangnya Ia hanya mampu menduduki posisi 18 dengan total raihan poin sebanyak 12. [Dew/Ikh]


Komentar