Replika Motor Jokowi Digas Otospirit Share this
Modifikasi
Mode baca

Replika Motor Jokowi Digas Otospirit

Denny Basudewa
pada 03 Mei 2019

Foto: Chopperland

JAKARTA – Chopperland replika hadir di Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019.

Seperti telah diwartakan sebelumnya, event Telkomsel IIMS 2019 menampilkan jajaran kuda besi yang pernah digunakan oleh para pemimpin negara Republik Indonesia. Kendaraan-kendaraan ini mengundang rasa penasaran para pengunjung pameran.

Chopperland hadir di Telkomsel IIMS 2019 dalam dua varian yang dibedakan dari jenis mesinnya. Varian pertama menggunakan mesin dari Royal Enfield. Kemudian varian lainnya menggunakan mesin Yamaha Scorpio.

Dalam kesempatan ini, Otospirit.com mendapat kesempatan untuk merasakan impresi kendaraan replika dari kepunyaan Presiden Joko Widodo. Unit yang kami coba menggunakan mesin Yamaha Scorpio dengan kapasitas 225 cc.

“Ini adalah salah satu bentuk penghargaan terhadap dunia kustom di Indonesia. Sejak awal kami membuat motor ini untuk penggunaan harian. Jadi posisi berkendaranya lebih enak buat dipakai sehari-hari,” kata Veroland, Kickass Chopper (03/05/2019).

Kami (Otospirit.com) mencoba motor ini mengelilingi kawasan outdoor dari pameran di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Selama dua putaran, kami merasakan impresi berkendara dengan motor berkelir emas ini.

Kuda besi yang beraliran chopper dikatakan menggunakan konsep vintage. Hasilnya motor tidak dilengkapi dengan suspensi belakang alias rigid. Namun guna membuat kendaraan ini tetap nyaman dikendarai, jok dibuat lebih tebal dan ban juga menggunakan model lebih tebal.

“Chopper itu salah satu ciri khasnya rakenya centang. Kemudian stangnya pakai model T-Bar. Motor ini dibuat sebagai kendaraan yang sudah menjadi bagian dari lifestyle. Karena konsepnya vintage jadi kami buat rangkanya juga rigid dan pada jaman dulu memang belum ada suspensi belakang,” jelas Vero di Telkomsel IIMS 2019.

Memang saat kami merasakan performa dari Chopperland, bentuk jok yang tebal mampu meredam guncangan ketika melintasi jalanan rusak. Bentuk alat kemudi yang cukup kecil, membuat kami harus merentangkan tangan cukup jauh ke depan. Namun hal ini masih dapat ditoleransi karena posisi kaki tidak dibuat terlalu jauh ke depan.

Selama dua putaran, Chopperland mampu memuaskan rasa penasaran kami akan motor replika sang Presiden. Tenaga yang dihasilkan juga masih mumpuni sebagai motor jenis sport berbasis Yamaha Scorpio. [Dew/Idr]


Komentar