Replika Mobil Pertama Mercedes-Benz Hadir Di Museum Nasional Share this
Berita Mobil
Mode baca

Replika Mobil Pertama Mercedes-Benz Hadir Di Museum Nasional

Ahmad  Richad
oleh Ahmad Richad
pada 11 Februari 2020

JAKARTA - Merayakan 50 tahun keberadaannya di Indonesia, Mercedes-Benz mendonasikan replika mobil pertamanya untuk Museum Nasional Indonesia.

Mobil bernama Benz Patent-Motorwagen (Mobil Benz Patent Motor) ini juga merupakan kendaraan bermotor pertama yang ada di dunia. Dan akan dipajang mulai dari tanggal 8 hingga 15 Februari 2020.

“Kami sangat gembira dapat mendonasikan replika asli mobil pertama di dunia Benz Patent-Motorwagen ini. Dengan donasi ini, kami mendukung Museum Nasional Indonesia dalam menjalankan misinya untuk mengedukasi mengenai wilayah Indonesia dan sejarahnya,” kata Choi Duk Jun, Presiden Direktur, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia.

Di Indonesia sendiri Mercedes-Benz memiliki sejarah yang panjang, dimana pada tahun 1894, kendaraan bermotor pertama yang hadir di pulau Jawa, yakni Benz Victoria Phaeton. Saat itu dimiliki oleh Sultan Solo, Pakoe Boewono X. Sejak itu, Mercedes-Benz telah menjadi luxury brand otomotif terkemuka di Indonesia. 

Menurut pabrikan asal Jerman tersebut, Mobil Benz Patent-Motorwagen merupakan mobil pertama di dunia yang dipatenkan pada 29 Januari 1886 oleh Carl Benz di Berlin. Sejak saat itu, hari bersejarah ini kemudian ditetapkan secara resmi sebagai hari kelahiran sebuah mobil.

Pada rentang waktu yang sama, Gottlieb Daimler juga sedang membangun kendaraan bermotor roda empat pertama sejagad raya. Setelah bekerja secara terpisah, dua orang inilah yang kemudian bekerja sama dan akhirnya menginisiasi merek Mercedes-Benz yang kita kenal.

Lebih lanjut, Benz Patent-Motorwagen memiliki mesin 954 cc satu silinder empat langkah berdaya 0,44 Kw (0,59 hp) di 400 rpm. Desainnya sudah terdiri dari beberapa komponen yang masih ada di mobil modern seperti kruk as (crankshaft) dengan penyeimbang, pengapian listrik, sistem pendinginan air.

Sebagai informasi, merek ini terdiri dari dua suku kata. ‘Benz’ berasal dari nama belakang Carl, sedangkan ‘Mercedes’ merupakan nama putri Gottlieb. [Ric/Idr]


Komentar