Replika KTM 450 Rally Dakar Hanya Dibuat 75 Unit Share this
Motor Baru
Mode baca

Replika KTM 450 Rally Dakar Hanya Dibuat 75 Unit

Ary Dwinoviansyah
pada 27 September 2018

MATTIGHOFEN - Replika KTM 450 Rally Dakar yang diproduksi terbatas ini punya karakter layaknya tunggangan sang juara balapan maut tersebut.

Toby Price atau Sam Sunderland sudah merasakan sendiri ketangguhan motor mereka yakni KTM 450 Rally di ajang Rally Dakar. Tak ingin menikmatinya berdua, KTM pun memutuskan untuk membuatnya secara massal.

Pihak pabrikan mengklaim replika KTM 450 Rally ini memiliki kemampuan serupa. Apalagi, mesin SOHC 450 cc fuel injeksi yang diandalkan juga sudah mendapatkan sentuhan maksimal. Pasalnya, mereka melakukan pengembangan seperti penggunaan desain cylinder head baru, throttle body hingga sistem manajemen mesin yang berdampak pada peningkatan durabilitas serta respon pada transmisi.

Namun, boks filter udara lebih besar serta ruang penyimpanan lebih untuk sistem kelistrikan dan accu membuat motor ini punya sentralisasi massa lebih baik. Hal ini dianggap menjadi kunci development mesin KTM 45 Rally. Wajar, jika motor ini punya stabilitas baik saat menaklukkan medan rally nan menantang tersebut.

Ditunjang pula pengaplikasian swingarm baru dan dukungan kinerja apik suspensi depan WP XACT PRO berdiamter 48 mm berteknologi Cone Valve. Ini ditujukan agar KTM 450 Rally punya traksi maksimal ketika berakselerasi. Dan, tentunya dipadu pula oleh suspensi belakang linkage.

Tak hanya bagian teknis, body replika KTM 450 Rally pun diperbaharui. Selain lebih aerodinamis material karbon juga dipilih agar bobot motor lebih ringan. Tampilan motor buatan Austria tersebut juga kian garang berkat penyematan knalpot Akrapovic.

Stefan Huber, pimpinan tim KTM Factory Racing mengatakan ini adalah kesempatan bagi konsumen untuk memiliki sebuah motor premium. Mesin berkemampuan rally, komponen terbaik serta inovasi maksimal.

"Replika KTM 450 Rally ini berbasis pada kesuksesan mesin kami di awal balapan akhir tahun lalu di mana kali itu kami berambisi untuk memenangkan balap Dakar. Dengan generasi terbarunya (all-new KTM 450), target kami fokus membangun motor yang bisa membuat pembalap kami nyaman, tangguh dan lebih stabil. Kami ingin melihat motor ini ditunggangi konsumen," kata Huber.

Replika KTM 450 Rally Dakar sudah bisa dipesan di jaringan penjualan KTM. Namun, motor berbanderol 26.000 Euro atau sekitar Rp 455,7 jutaan ini hanya akan dibuat sebanyak 75 unit saja. [Ary/Ari]


Komentar