Renault Indonesia Pelajari Perilaku Konsumen Beli Mobil via Internet Share this
Berita Mobil
Mode baca

Renault Indonesia Pelajari Perilaku Konsumen Beli Mobil via Internet

Muhammad Ikhsan
pada 21 Februari 2017

Foto: Beli Mobil via Internet

TANGERANG - PT Auto Euro Indonesia selaku agen pemegang merek (APM) Renault percaya perilaku konsumen dalam membeli mobil akan berubah dalam 10 tahun mendatang.

Berbicara di depan para jurnalis, Ario Soerjo, Sales and Marketing Division Head PT AEI mengatakan, tidak tertutup kemungkinan ke depannya bahwa konsumen tidak hanya menggunakan internet untuk mencari informasi sebelum membeli mobil dengan mengunjungi dealer atau showroom, bahkan konsumen mencari sekaligus membeli mobil via internet.

"Kami sedang pelajari kebiasaan masyarakat Indonesia saat ini. Sepuluh tahun ke depan, cara konsumen membeli mobil akan berubah. Dunia internet di Indonesia kini sudah sangat berkembang," kata Ario di Tangerang.

Bergesernya konsumen ke online dari jalur offline bukan tanpa sebab. Selain memudahkan, juga hemat waktu dan biaya tanpa harus berkunjung ke dealer atau showroom. Skema pembayarannya pun sudah dibuatkan platform agar memudahkan konsumen dalam berbelanja mobil online.

Seperti diberitakan, pada 2014, pengguna internet di Indonesia nomor enam di dunia. Menurut lembaga riset pasar e-Marketer, populasi netter --sebutan pengguna internet-- di Tanah Air mencapai 83,7 juta orang pada 2014. Diprediksi pada 2017, jumlah netter Indonesia akan tembus 112 juta orang.

Jika ini terbukti, maka akan berimbas pada industri penjualan mobil secara online dan bisa meningkatkan penjualan otomotif dalam negeri.

Dijelaskan Ario, untuk sementara ini konsumen masih merasa nyaman dengan berkunjung ke dealer. Tetapi ke depannya, keberadaan dealer akan berkurang seiring dengan kebiasan konsumen berbelanja mobil via internet. Seiring dengan itu tumbuh lah jaringan-jaringan yang sekedar bengkel resmi di mana prosesnya cepat dan mudah.

Bagi PT AEI, proses itu mulai dijalani. Konsumen Renault pun tidak perlu khawatir. Renault di Indonesia mendapat dukungan dari jaringan bengkel resmi Renault yang bekerjasama dengan Nissan yakni Service Point Renault Nissan Gading Serpong.

Renault Indonesia memiliki delapan service point dan sales point yang resmi beroperasi tahun ini. Untuk sales point, AEI bisa dikunjungi di Jakarta (MT Haryono dan Pantai Indah Kapuk), Surabaya, Denpasar, Makassar, Banjarmasin, Medan dan Pekanbaru. [Ikh]


Komentar