Regulasi Euro4 Buka Jalan Yamaha TMax Masuk Indonesia Share this
Berita Motor
Mode baca

Regulasi Euro4 Buka Jalan Yamaha TMax Masuk Indonesia

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 25 Agustus 2017

Foto: Yamaha TMax DX akan diluncurkan di Indonesia.

JAKARTA - Yamaha TMax akan diluncurkan di Indonesia.

Setelah sukses dengan Yamaha Xmax, Yamaha Indonesia berencana memasarkan skutik "gambot" dengan meluncurkan satu model baru yaitu Yamaha TMax DX. Kabar kehadiran generasi terbaru skutik TMax di Tanah Air sudah mulai terendus.

Sebab, Yamaha Indonesia secara resmi mengunggah sebuah foto yang menonjolkan "Road to The Max" khas T-Max di situs resminya. Penampakan foto berbalut warna hitam ini jelas menandakan skutik TMax akan segera dipasarkan ke konsumennya di Indonesia.

Yamaha TMax DX memiliki dimensi PxLxT (2.200mm, 765mm, 1.420mm) dan memiliki jarak sumbu roda 1.575mm. Selain itu, skutik bertubuh bongsor ini juga memiliki bobot beban hingga 216 Kg.

Seperti kita ketahui, kabar kembalinya Yamaha TMax ke Indonesia sudah tersiar sejak satu tahun terakhir. Hanya saja Yamaha Indonesia terganjal regulasi emisi gas buang. Kondisi ini memaksa Yamaha Indonesia menghentikan penjualan TMax.

Dibantu Standar Emisi Euro4

Yamaha TMax sempat didatangkan ke Indonesia dari Jepang sebelumnya akhir dihentikan dua tahun lalu karena terganjal standar Euro4 yang sudah digunakan mesin Yamaha TMax. Sementara Indonesia masih menerapkan standar Euro2.

Terkait rencana pemerintah lewat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang menetapkan standar emisi Euro 4 akan segera diterapkan di Indonesia ini menjadi pembuka jalan Yamaha TMax datang kembali ke Tanah Air.

Regulasi Euro4 mulai diberlakukan di Indonesia pada September 2018. Artinya ada waktu selama 1 tahun bagi Yamaha untuk tes pasar, sekaligus melihat seberapa besar ketertarikan masyarakat pada skutik TMax. [Ikh]


Komentar