Raungan Mesin F1 2018 Kembali Ganas Share this
F1
Mode baca

Raungan Mesin F1 2018 Kembali Ganas

Denny Basudewa
pada 01 Maret 2018

BARCELONA – Kejuaraan F1 2018 dianggap kembali menarik karena raungan mesin mobil-mobil kembali ganas.

Hal ini terlihat pada sesi tes pramusim pertama di Barcelona, Spanyol. Raungan mesin yang keluar melalui knalpot kendaraan berjuluk jet darat tersebut, tidak lagi “melempem” seperti sebelumnya.

Seperti kita ketahui, sejak aturan menggunakan mesin hybrid pada 2014, raungan knalpot mobil-mobil F1 seperti kehilangan pesonannya. Suara memekakkan telinga yang menjadi ciri F1 era mesin V8, V10 dan V12 tak lagi terdengar.

Protes keras pun bermunculan dari para fans F1 di seluruh dunia. Dan konon ini kemudian menjadi salah satu yang menjadikan the pinnacle of motorsport ini terpuruk, berujung mulai ditinggalkan penggemarnya.

Berbagai cara telah ditempuh, namun tetap tidak bisa mengembalikkan ganasnya mesin F1 lawas. Sampai akhirnya aturan baru ditetapkan pada musim 2018.

Raungan khas hadir kembali di hari pertama sesi tes pramusim F1 2018 di Barcelona. Mobil-mobil balap itu mampu tampil garang layaknya F1 di masa lalu.

Adapun catatan waktu tercepat dibukukan oleh pembalap Red Bull Racing Daniel Ricciardo. Sedangkan tempat kedua dihuni Valterri Bottas dan tempat ketiga direbut Kimi Raikkonen.

Sayangnya sesi tes kali ini tidak terlalu maksimal karena terhalang salju yang turun dan membuat lintasan licin. Walhasil hanya sedikit pembalap yang masuk ke lintasan untuk menguji mobilnya.

Agenda balap F1 2018 sendiri akan mulai bergulir pada 25 Maret di Australia. Bagian yang tak kalah menarik dari kejuaraan tahun ini adalah adanya perangkat keselamatan terbaru yakni Halo.

Perangkat ini adalah struktur titanium di atas kokpit mobil untuk melindungi kepala pengemudi dari puing-puing yang terbang. Meskipun banyak mendapat protes, perangkat itu akan wajib di semua mobil musim ini. [Dew/Ari]


Komentar