Range Rover 2020 dengan Mesin Irit & Responsif 6-silinder Segaris Share this
Mobil Baru
Mode baca

Range Rover 2020 dengan Mesin Irit & Responsif 6-silinder Segaris

Indra Prabowo
pada 03 Mei 2019

WHITLEY – Range Rover kini dipersenjatai dengan mesin 3.0-liter 6-silinder segaris berbahan bakar bensin. Mesin Ingenium ini diklaim lebih responsive dan efisien karena didukung oleh teknologi Mild Hybrid Electric Vehicle (MHEV).

Jantung mekanis Ingenium menggelontorkan tenaga 400 HP dan torsi  550Nm yang mengakselerasi new Range Rover dari 0-100 kpj dalam 5.9 detik. Top speed-nya sendiri 225 kpj.

Dengan diperkenalkannya supercharger listrik yang memberikan tendangan langsung dari 0,5 hingga 65000rpm, mesin enam-silinder halus dan responsif memberikan respons torsi yang mengesankan. Ini dicapai berkat koordinasi optimal antara supercharger listrik dan turbocharger twin-scroll, yang secara virtual menghilangkan turbo lag.

MHEV memungkinkan konsumsi BBM Range Rover ini menjadi 10,75 dengan emisi CO2 sebesar 212 gr/km.

Berbasis sistem start-stop baru, mesin 3.0-liter terbaru dipasangkan dengan motor listrik yang dapat memanen energi melalui perlambatan dan menyimpannya dalam baterai 48V. Energi ini kemudian dapat digunakan kembali melalui torque-assist, mengurangi emisi CO2 dan beban kerja pada mesin.

“Kekuatan tradisional Range Rover telah ditingkatkan dengan diperkenalkannya mesin enam-silinder 3.0-liter terbaru. Teknologi canggih, seperti Continuous Variable Valve Lift, bekerja berdampingan dengan sistem hybrid ringan yang memanen energi saat Anda mengemudi (energy recovery), untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dan menurunkan emisi. Energi yang terbuang sia-sia digunakan untuk menyalakan supercharger listrik, meningkatkan kemampuan kendaraan dengan meningkatkan kurva torsi pada kecepatan mesin rendah untuk respons lebih besar," kata Rawdon Glover, Managing Director, Jaguar Land Rover UK.

Ranger Rover 2020 dengan mesin 3.0-liter 6-silinder ini dijual dengan harga £83,655 atau sekitar Rp 1,56 miliar di UK. Idr]


Komentar