Randy Mamola, Legenda Tanpa Titel Juara Share this
MotoGP
Mode baca

Randy Mamola, Legenda Tanpa Titel Juara

Denny Basudewa
pada 12 Februari 2018

Foto: Randy Mamola

BARCELONA – Randy Mamola didaulat untuk menjadi legenda balap motor dunia, meskipun tidak pernah memenangkan satu gelar juara dunia sekalipun.

Menjadi seorang juara dunia adalah impian semua pembalap di muka bumi ini. Titel tersebut tidak hanya menaikkan derajat seorang pembalap, namun memberikan kebanggaan bagi negara tempatnya dilahirkan.

Valentino Rossi adalah salah satu pembalap yang memiliki banyak gelar dari berbagai kelas balap motor dunia. Setelah dua puluh tahun lebih berkarir sebagai pembalap, Rossi hingga kini masih memburu titel kesepuluhnya musim balap 2018.

Pada umumnya, seorang pembalap yang berhasil memenangkan titel juara dunia akan didapuk sebagai legenda. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk Randy Mamola. Pembalap asal Amerika Serikat ini dinobatkan sebagai legenda meskipun belum pernah menjadi juara dunia. Seremonial penganugerahan akan dilakukan pada seri ketiga MotoGP di Austin.

“Saya tidak menyangka sama sekali, tapi hal ini benar-benar merubah hari saya ketika pertama kali dikabari. Ketika saya sampaikan berita tersebut kepada anak dan istri, mereka ikut bergembira,” ujar Mamola seperti dikutip Crash.

Mamola mengawali karir balap motornya pada 1979. Ia berhasil finish di podium pada kelas 250 dan 500. Kemudian pada tahun berikutnya, Ia memenangkan dua balapan bersama Suzuki. American Rider ini menempati posisi kedua di klasemen pada 1982.

Kemudian satu tahun berikutnya, Ia kalah bersaing dengan Kenny Roberts dan Freddie Spencer. Pada 1984, Mamola bergabung dengan Honda, sayangnya pembalap asal negeri Paman Sam tersebut kembali menduduki posisi kedua klasemen alias runner up.

Randy Mamola memutuskan pensiun sebagai pembalap pada akhir musim 1992 setelah meraih dua podium dalam satu musim. Selama 13 tahun menjalani musim sebagai pembalap, Mamola telah mengatungi 13 kemenangan di kelas 500, dua kali runner up, namun belum sekalipun juara dunia. [Dew/Ari]


Komentar