Ralson Ecoracer, Ban Motor Ramah Lingkungan Share this
Berita Motor
Mode baca

Ralson Ecoracer, Ban Motor Ramah Lingkungan

Denny Basudewa
pada 18 Februari 2020

Foto: Ralco

NEW DELHI – Ralson India meluncurkan new Ecoracer di pameran Auto Expo 2020. Pabrikan ban yang dikenal dengan produk-produk untuk sepeda ini memulai lompatan barunya sebagai produsen ban motor.

Dengan nama Ralson, ban ini rencananya akan dipasarkan ke seluruh dunia. Selain itu, mereka juga akan memasarkan ban dengan nama Ralco.

Menjadi unik karena Ralco Ecoracer dikatakan ban yang unik dan berbeda dari kompetitor lainnya. Ban buatan India tersebut menggunakan lebih banyak campuran silica daripada karet sintetis layaknya produk lain di pasaran.

Tidak hanya itu, ban buatan Ralco juga dikatakan ramah lingkungan. Produk buatannya mudah dihancurkan sehingga bahan bakunya dapat direklamasi dan diaur ulang menjadi ban baru.

Ban motor ini diklaim memiliki kemampuan yang baik pada permukaan jalan kering maupun basah. Namun sebagai produsen ban baru, tentunya belum ada kasus yang membelit produk satu ini. Ban ini masih harus melewati sejumlah pembuktian di berbagai macam model jalan.

Inovasi yang dilakukan oleh Ralco sebenarnya bukan yang pertama kalinya dilakukan oleh produsen ban. Goodyear kala itu memperkenalkan ban Oxygene concept yang prosesnya melibatkan 3D-printed. Hasilnya mirip-mirip karena bahan karet yang Ralco yang bisa didaur ulang. Ban buatan Oxygen sendiri dikatakan tidak bisa kempis sehingga bebas khawatir dalam menggunakannya. [Dew/Idr]


Komentar