Rahasia Corsa Platinum M5 Mantap di Aspal Kering dan Basah Share this
Review Motor
Mode baca

Rahasia Corsa Platinum M5 Mantap di Aspal Kering dan Basah

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 03 Maret 2019

JAKARTA — Ban Corsa Platinum M5 dengan segala keunggulannya membuat pemilik Yamaha NMax tak perlu khawatir melibas berbagai kondisi jalan.

Nyaris satu bulan Otospirit.com menggunakan ban buatan PT Multistrada Arah Sarana Tbk ini. Setelah melakoni touring singkat bersama Journalist Max Community (JMC), ban Corsa M5 kemudian menjadi teman untuk mobilitas harian kami. 

Sejak pertama kali dipasang, ban peruntukkan velg 13 inci ini cukup memikat dengan pattern yang sporty. Pasalnya, masing-masing alur didesain renggang supaya memaksimalkan pengendalian di aspal kering. Menariknya lagi, khusus ban depan polanya dibuat dengan alur terbalik. Klaimnya adalah untuk mendapatkan grip lebih baik, namun fungsi utama sebagai pembelah air ketika hujan tetap optimal.

Sebelum membuktikan ketangguhannya, ada tantangan lain yang menanti ban ini. Untuk ban depan masih ideal karena menggunakan ukuran 130/70-13. Berbeda dengan ban belakang yang dipilih yaitu 150/60-13 karena naik 2 ukuran dari ban standar berukuran 130/70-13. 

Dampaknya terlihat dari segi tampilan di mana dengan ban ini, bagian buritan terlihat lebih semok. Tapi, jika dilihat dari belakang, bentuknya jadi lebih membulat atau sering disebut dengan bentuk donat. Hal ini dikarenakan ukuran tersebut seharusnya disematkan pada lebar pelek 4.25 inci. Sedangkan lebar velg standar NMax hanya 3.5 inci. 


Alhasil, bagian telapak ban yang bersentuhan dengan aspal menjadi tidak optimal dari yang seharusnya ditawarkan oleh ban berukuran 150/60-13. Namun untuk motor dengan spesifikasi standar, ini jelas menguntungkan, lantaran beban mesin tidak menjadi lebih berat akibat tidak bertambahnya koefisen gesek ban ke permukaan jalan.  

Hal ini jelas memengaruhi pengendalian NMax saat sudah bersepatu Corsa Platinum M5. Ban terasa lebih ringan dan agresif. Terlebih dengan penggunaan kompon medium-soft yang memudahkan kami saat melakukan manuver diantara kendaraan-kendaraan lain hingga tikungan.

Meski begitu, grip ban tetap maksimal karena Corsa M5 rupanya dibekali silica compound. Klaimnya, dengan ramuan tersebut cengkeram ban lebih baik walau suhu ban rendah. Bahkan, mereka menyatakan gigitan ban ini 15% lebih tinggi dibanding karet bundar yang tak menggunakan silica compound. Dengan catatan, Anda menyesuaikannya pula dengan tekanan angin. 

Ada keunggulan lain dari penggunaan silica compound tadi. Ban dirasa lebih empuk saat melalui jalanan tidak rata. Tapi, sempat muncul keraguan ketika membawanya melintas di bawah guyuran hujan. Namun, kedalaman alur ban depan 5 mm dan belakang 6 mm dan pola demikian menghilangkan kekhawatiran tersebut. Semoga dengan ramuan tersebut Corsa Platinum M5 juga punya umur lebih panjang. [Ary/Ari]  


Komentar