Quadro eQooder Skutik Revolusioner Share this
Motor Baru
Mode baca

Quadro eQooder Skutik Revolusioner

Denny Basudewa
pada 11 Maret 2019

Foto: Quadro eQooder

GENEVA – Quadro Vehicles baru saja memperkenalkan eQooder sebagai skutik roda-empat bertenaga listrik di Geneva Motor Show 2019.

Jika pada umumnya skutik memiliki konfigurasi dua-roda hingga tiga-roda. eQooder tampil revolusioner dengan menggunakan empat-roda layaknya sebuah mobil. Tidak hanya itu, kendaraan asal Italia ini menggunakan motor listrik sebagai sumber tenaganya.

Urusan motor listrik pada kendaraan ini merupakan hasil kerjasama dengan Zero Motorcycles. Pabrikan kuda besi asal negeri Paman Sam tersebut membenamkan sumber tenaga Z-Force 75-7 pada eQooder.

Unit mesin yang digunakan oleh eQooder itu dikatakan merupakan yang paling bertenaga dari Zero. Hasilnya kendaraan ini mampu menghasilkan tenaga hingga 60 hp dan torsi 110 Nm. Zero mengatakan bahwa produknya setara dengan motor bensin berkapasitas cukup besar.

“Jika dibandingkan dengan mesin konvensional, eQooder setara dengan motor bensin berkapasitas 650 cc. Lebih jauh eQooder memiliki torsi tiga kali lebih besar daripada kendaraan berkapasitas 400 cc,” ungkap pihak Quadro.

eQooder dijejali dua pilihan mode berkendara yakni Eco dan Sport. Namun untuk konsumen yang menginginkan performa lebih ganas, mereka dapat melakukan kustomisasi dengan menggunakan aplikasi pada smartphone. Adapun di dalam aplikasi tersebut juga terdapat lokasi SPLU (Stasiun Pengisian Listrik Umum) terdekat.
Quadro Eqooder

Lahir sebagai kendaraan roda-empat, eQooder dibekali gigi mundur untuk memudahkan penggunanya, dalam melakukan manuver ketika parkir. Zero menyematkan differential mekanis seperti yang kerap digunakan pada mobil.

Sepedamotor empat-roda ini juga mengandalkan kontrol traksi pada bagian belakang ban guna memberikan daya cengkeram ban belakang secara maksimal. Hal tersebut juga dipercaya menambah tingkat keamanan saat melakukan perjalanan.

eQooder baru akan dipasarkan pada Desember 2019 di benua Eropa. para calon konsumen yang terlanjur kepincut dapat melakukan pre-order dengan menempatkan uang muka Rp 80 juta, karena harga aslinya belum dirilis oleh sang pembuat.

Menariknya Quadro Vehicles juga menawarkan kendaraan ini sebagai motor sewaan seperti Honda PCX listrik di Indonesia. Para konsumen dapat menyewa kendaraan ini dengan biaya Rp 3 juta perbulannya. [Dew/Idr]


Komentar