Proton Indonesia Siap Bangkit, SUV Baru akan Jadi Andalan Share this
Berita Mobil
Mode baca

Proton Indonesia Siap Bangkit, SUV Baru akan Jadi Andalan

Ary Dwinoviansyah
pada 5 hari yang lalu

JAKARTA — Proton akan kembali bangkit dan memulai langkah agresifnya dengan meluncurkan Proton X70, produk SUV (sport utility vehicle) di Indonesia. 

Lama tak terdengar sepak terjangnya, Proton sempat diisukan bakal hengkang dari industri otomotif Tanah Air. Namun, pihak pabrikan menegaskan bahwa brand asal Malaysia itu akan menetap dan menyatakan bakal menghadirkan produk baru untuk konsumen.

"Sebagai pasar otomotif terbesar di kawasan ASEAN, Indonesia sangat penting bagi pertumbuhan Proton di masa depan. Perubahan posisi bisnis kami di sini juga tidak mengubah niat kami untuk mengekspor berbagai kendaraan baru seperti Proton X70 dalam waktu dekat," ucap Steven Xu, Director of International Sasles for Proton

Dalam rilis resminya juga Proton menegaskan pihaknya tetap memberikan pelayanan kepada para pemilik mobil Proton di Indonesia. Sebanyak 23 service center Proton masih tetap beroperasi hingga melayani klaim garansi sekalipun. Selain itu, konsumen juga tak perlu mengkhawatirkan ketersediaan suku cadang Proton. 

Proton memahami bagaimana beberapa pihak prihatin dengan perubahan ini. Tetapi, kami ingin meyakinkan pelanggan, penggemar dan mitra bisnis kami di Indonesia bahwa Proton tidak akan meninggalkan negara ini dan kami akan menjadi lebih menonjol dari sebelumnya dalam waktu dekat, lanjut Steven. 

Selain bakal menghadirkan produk baru, Proton juga akan memperluas jaringan pemasarannya. Diketahui pula bahwa saat ini mereka sedang membahas mengenai penunjukan distributor lokal. 

Keagresifan tersebut juga diperkuat oleh Geely. Seperti diketahui, brand asal China itu sudah mengakuisisi saham Proton sebesar 49,9%.

Jelas Indonesia menjadi salah satu pasar yang dibidik dalam rencana bisnis 10 tahun mereka di mana targetnya mobil Proton bisa terjual 400 ribu unit setiap tahunnya sampai 2027 mendatang. [Ary/Idr]  


Komentar