Progress Akuisisi Carmudi Indonesia oleh iCar Asia Share this
Berita Mobil
Mode baca

Progress Akuisisi Carmudi Indonesia oleh iCar Asia

Helmi  Reinaldi
oleh Helmi Reinaldi
pada 21 Oktober 2019

Foto: Hamish Stone, CEO iCar Asia Limited

JAKARTA – Kembali ke tanggal 19 September 2019, iCar Asia telah mengumumkan penandatanganan perjanjian yang mengikat untuk mengakuisisi Carmudi Indonesia.

Saat ini proses akuisisi ini tengah memasuki tahap penyelesaian dokumen formulir dan diharapkan akan selesai pada atau sekitar 31 Oktober 2019. Perubahan ini terjadi dikarenakan mengikuti proses regulasi Indonesia.

Rencana operasional untuk iCar Asia untuk mengintegrasikan Carmudi ke dalam operasi di Indonesia akan disinergikan ke dalam tiga bidang inti bisnis.

Pertama, Media Mobil Baru dan pengumpulan leads (calon pembeli mobil potensial) diharapkan akan mendapat manfaat dari peningkatan jumlah pengunjung webite dan data dari platform gabungan.

Kedua, 5 pusat penjualan fisik mobil Carmudi, yang disebut "Carsentro", akan memfasilitasi transaksi dan komisi keuangan yang dapat dimanfaatkan di seluruh jaringan iCar Asia Indonesia.

Pada akhirnya, platform gabungan dari situs otomotif vertikal # 1 dan # 2 untuk Dealer Mobil di Indonesia akan menciptakan peluang untuk mempromosikan produk secara silang. Serta dengan peluncuran iCar Suite ini akan menjadi sistem tunggal bagi dealer mobil untuk mengelola iklan, leads dan pengeluaran kredit di berbagai platform iCar Asia.

Bisnis gabungan Indonesia diharapkan dapat meningkatkan dua kali lipat pendapatan Indonesia iCar Asia, meningkatkan kontribusi Indonesia secara keseluruhan terhadap pendapatan grup dari sekitar 12% menjadi 22%.

Sinergi ini diharapkan dapat menghasilkan kombinasi bisnis titik impas Indonesia di tahun 2020. Sampai saat ini grup masih berada di jalur yang tepat untuk break-rate EBITDA bulanan run-even pada akhir 2019.

“Kami juga sangat senang dengan penyelesaian proses akuisisi Carmudi Indonesia karena akan menjadikan pertumbuhan bisnis di Indonesia berkembang semakin baik dan juga di seluruh Grup,” jelas Hamish Stone, CEO iCar Asia Limited. [Hlm/Idr]


Komentar