Program Desa Binaan Hankook Ubah Sampah Jadi Pupuk Share this
Berita Mobil
Mode baca

Program Desa Binaan Hankook Ubah Sampah Jadi Pupuk

Denny Basudewa
pada 05 Oktober 2019

Foto: Hankook Indonesia

JAKARTA – Hankook Tire Indonesia memulai program Desa Binaan di Cicau, Cikarang, Jawa Barat.

Program yang merupakan hasil kolaborasi dengan Dompet Dhuafa ini bertujuan untuk memajukan suatu wilayah. Dalam tahap awal, program ini berupa kampanye Green and Clean Village. Ini adalah kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui urban farming, pembuatan biopori resapan air, dan pengolahan sampah.

“Program juga diharapkan dapat berjalan secara berkelanjutan dan komprehensif. Oleh karena itu kami melaksanakan program ini dari hulu sampai hilir, mulai dari pelatihan, pembibitan hingga packaging hingga manajemen pemasaran,” ucap Choi Seok Ho, Presiden Direktur PT Hankook Tire Indonesia.

Cicau merupakan sebuah desa yang memiliki tantangan isu lingkungan dan ekonomi. Sulitnya air bersih hingga mata pencaharian masyarakat yang tidak tetap, adalah masalah yang paling banyak terjadi di Desa Cicau.

Namun di sisi lain, Desa Cicau memiliki potensi yang besar untuk berkembang menjadi desa maju sehingga sebuah gerakan yang nyata sangat diperlukan. Melihat kondisi ini dan membayangkan potensi yang dimiliki oleh desa, Hankook Tire Indonesia dan Dompet Dhuafa sepakat untuk berkolaborasi mengembangkan potensi Desa Cicau untuk mengembangkan program sosial berkelanjutan, Desa Binaan.

Green and Clean Village merupakan sub-program pertama dalam program berkelanjutan Desa Binaan. Dalam jangka panjang, sub-program lain akan menyusul dan melengkapi pembangunan aspek-aspek lain di Desa Cicau.

Beberapa sub-program yang tengah disiapkan antara lain pembangunan sentra kerupuk/keripik, peningkatan keahlian seperti keahlian las, pengembangan budidaya jamur dan program pengembangan lainnya.

Semua program pengembangan yang dihadirkan oleh Hankook Tire Indonesia dan Dompet Dhuafa akan membina masyarakat dari tahap awal hingga penjualan atau pendistribusian hasil dari program. Dalam tiap tahap program, masyarakat akan didampingi dan dibina oleh ahli untuk membantu memahami dan menjaga kualitas hasil akhir. [Dew/Idr]


Komentar